oleh

Walikota Bandung : Tidak Suka Pancasila, Keluar Dari Indonesia!

sWo31O0ch7
Foto : Okezone

Satu Islam, Bandung – Indonesia yang dibangun atas kontrak sosial dengan berbagai latar belakang berbagai macam agama, suku, dan ras kemudian tertuang dalam prinsip-prinsip dasar Negara. Berpijak dari prinsip dasar itu Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil (RK), mengingatkan pentingnya menjunjung tinggi Pancasila dalam menjalankan kehidupan bermasyarakat.

Menurutnya, hal yang dapat menyatukan perbedaan itu adalah Pancasila. Jika Pancasila tidak dijalankan maka akan terjadi keruntuhan bangsa.

“Modalnya balik lagi ke Pancasila. Di mana keruntuh-keruntuhan itu lahir ketika kita menjauhi Pancasila,” kata RK di Bandung, Jawa Barat, Rabu 25 Desember 2013 malam.

Disinggung soal adanya segelintir pihak yang saat ini tidak menunjung tinggi toleransi dalam menyikapi berbagai perbedaan, RK menyebut mereka tidak memercayai dan melaksanakan Pancasila.

“Kalau mau hidup di Indonesia, pakai Pancasila. Kalau tidak suka Pancasila, jangan tinggal di Indonesia, sederhana,” tegasnya.

Sementara mengenai kondisi toleransi di Kota Bandung, RK mengakui masih ada kendala. “Menuju sempurna, tapi masih belum sempurna. Masih ada beberapa letupan-letupan karena perbedaan persepsi,” ungkapnya.

Ia mengatakan akan terus berusaha meningkatkan toleransi di Kota Bandung. Salah satu yang didorong adalah melalui Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB).

“Makanya ada FKUB, itu salah satu yang luar biasa yang menjaga ikatan. Pada saat ada kelompok-kelompok masyarakat mencari perbedaan, kita mengikat menjadi persamaan,” tandas RK.

 

Sumber : Okezone

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed