Home / Umum / Seperti Jual Beli Budak, Perusahaan Saudi Pajang PRT Asia di Sebuah Pameran

Seperti Jual Beli Budak, Perusahaan Saudi Pajang PRT Asia di Sebuah Pameran

pajang-prt-2-edit
Perusahaan agen tenaga kerja Arab Saudi memajang PRT di salah satu hypermarket di kota Dhahran

Satu Islam, Riyadh – Cerita jual beli budak biasanya kita dengar dari cerita-cerita yang terjadi masa lalu. Namun saat ini jual beli budak dengan memajangnya seperti barang yang dipajang di etalase terjadi lagi . Genk teriris Islam, ISIS kerap menjadikan tawanan wanitanya sebagai budak yang diperjual belikan.

Mirip dengan cerita masa lalu dan apa yang dilakukan ISIS, salah satu perusahaan di Arab Saudi yang bergerak di bidang agen tenaga kerja menawarkan pembantu rumah tangga (PRT) dari negara-negara Asia dengan cara “menjual mereka seperti budak. (Baca: TKW Indonesia 15 Tahun Disandera Majikannya di Arab Saudi)

عرضه خدمتکار منزل به روش برده فروشی درعربستان

Perusahaan tersebut menggelar pameran di salah satu hypermarket di kota Dhahran. Mereka memajang beberapa calon PRT untuk diperjualbelikan tenaga mereka perjamnya atau seberapa perlu pembeli untuk mengunakan tenaganya. (Baca: Tidak Diberi Uang, 10 Ribu Pekerja India di Saudi Kelaparan)

Langkah ini dinilai masyarakat dan para pendukung HAM sbgai perilaku yang merendahkan harga diri kemanusiaan para PRT yang datang dari berbagai negara Asia untuk mencari nafkah bagi keluarganya.

Departemen Tenaga Kerja dan Sosial Saudi mengecam langkah itu. Departemen menilai apa yang dilakukan perusahaan benar-benar tidak dapat diterima.

pajang-prt

Juru bicara kementerian Khalid Abal Khail mengatakan bahwa perusahaan akan ditindak dn harus mempertanggung jawabkan secara hukum. “Inspektur kementerian bertindak segera untuk mengakhiri pelanggaran dan mengambil tindakan terhadap perusahaan itu”, katanya.

Sebuah rekaman video yang diposting online menunjukkan tiga pembantu rumah tangga berdiri di dekat meja dan sejumlah iklan untuk mempekerjakan mereka. (Baca: Penggunaan Kalender Gregorian Di Arab Saudi Rugikan Buruh)

Menurut beberapa sumber, saat ini ada 9 juta buruh asing di Saudi, di mana hampir 1 juta dari mereka bekerja sebagai PRT.

About Abu Nisrina

Check Also

Absennya NU dalam Hiruk Pikuk Isu PKI

Satu Islam, Jakarta – Dalam hiruk pikuk isu Partai Komunis Indonesia (PKI) belakangan ini, organisasi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *