oleh

Tyasno Sudarto Jadi Kepala BIN?

tyasno_sudarto_0
Mantan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI (Purn) Tyasno Sudarto

Satu Islam, Jakarta – Sejak terbentuknya Kabinet Kerja pada 27 Oktober tahun lalu, satu-satunya posisi pejabat tinggi setingkat menteri yang belum diganti adalah Kepala Badan Intelijen Negara (BIN). Sejak 2011 sampai saat ini, Kepala BIN dijabat Letjen (TNI) Marciano Norman. Dia dilantik semasa rezim Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan akan segera mengganti Kepala BIN. Sebagai salah satu jabatan yang cukup strategis, sehingga Presiden harus berhati-hati dan teliti memilih orang yang tepat di posisi itu.

Dilansir dari Harian Suara Pembaruan Menurut sumbernya di Jakarta, Sabtu 25 April 2015 pagi, mantan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal (Purn) Tyasno Sudarto merupakan kandidat terkuat menduduki jabatan kepala BIN.

Selain Tyasno, ada juga calon lain, yakni Letjen TNI Subekti yang sebelumnya menjabat sebagai Rektor Universitas Pertahanan (Unhan) Jakarta, dan kini bertugas di Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas).

“Nama Kepala BIN sudah mengerucut ke dua nama, yakni Pak Tyasno dan Pak Subekti. Dua nama itu sudah ada di tangan Presiden. Namun, kandidat utama kemungkinan besar Pak Tyasno,” ujar sumber itu.

Selain menjabat Kasad, karier Tyasno di militer antara lain pernah menjadi Pangdam IV Diponegoro di Semarang. Selanjutnya, dipromosikan menjadi Kepala Badan Intelijen Strategis (Bais) dengan pangkat letnan jenderal. Bais merupakan lembaga intelijen kemiliteran yang kala itu di bawah komando Markas Besar ABRI (sekarang TNI).

“Dengan pengalaman sebagai Kepala Bais, beliau diperkirakan tidak akan sulit menjalan kan tugas barunya di BIN,” jelasnya.

Selain itu, dia juga dikenal dekat dengan Kepala Staf Kepresidenan Luhut Panjaitan. “Pak Tyasno itu satu angkatan dengan Pak Luhut. Hubungan mereka berdua cukup dekat. Makanya saya yakin Pak Tyasno yang terpilih (Kepala BIN),” katanya.

Sumber itu menambahkan, sejumlah pertimbangan telah didapatkan Jokowi terkait siapa yang layak menjadi Kepala BIN. Hal yang utama adalah rekan jejak calon yang akan diumumkan dalam waktu dekat.

“Selama bertugas di TNI AD, tidak pernah ada kabar miring mengenai Pak Tyasno,” ungkapnya.

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed