Home / Dunia Islam / Trump Menghina Saudi, Menlu Iran Ulurkan Tangan untuk Bangun Wilayah yang Kuat

Trump Menghina Saudi, Menlu Iran Ulurkan Tangan untuk Bangun Wilayah yang Kuat

Mohammad Javad Zarif Iranian Foreign Minister
Mohammad Javad Zarif 

Zarif menyebut pernyataan Trump tentang pentingnya dukungan AS bagi Arab Saudi adalah “penghinaan” dalam posting Twitter Kamis (4/10) dan mengatakan bahwa keamanan nasional tidak dapat dialihdayakan.

“Presiden Trump berulang kali mempermalukan orang-orang Saudi dengan mengatakan mereka tidak bisa bertahan 2 minggu tanpa dukungannya. Ini adalah pembalasan atas delusi bahwa keamanan seseorang dapat dialihdayakan,” kata Zarif.

“Kami kembali mengulurkan tangan kami kepada tetangga kami: mari membangun ‘wilayah yang kuat’, dan hentikan kesombongan ini,” kata Zarif lebih lanjut dalam tweetnya.

Komentar Zarif muncul setelah presiden AS mengatakan dalam rapat umum di Southaven, Mississippi, bahwa Raja Salman dari Arab Saudi tidak akan bertahan “selama dua minggu” tanpa AS dan bahwa kerajaan perlu membayar lebih untuk perlindungan AS.

“Kami melindungi Arab Saudi … Dan aku mencintai raja, Raja Salman. Tapi saya berkata, ‘Raja, kami melindungi Anda. Anda mungkin tidak berada di sana selama dua minggu tanpa kami; Anda harus membayar untuk militer Anda, ‘”kata Trump kepada para pendukungnya, lapor Reuters. Presiden AS tidak menyebutkan kapan tepatnya dia mengatakan hal ini kepada raja Saudi. (islamtimes)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.