Home / Tokoh / Sheikh Hammoud : Takfiri Ancaman bagi Semua Muslim

Sheikh Hammoud : Takfiri Ancaman bagi Semua Muslim

Sheikh_HammoudImam Masjid al-Quds di Sidon, Sheikh Maher Hammoud berbicara penuh percaya diri tentang keyakinannya. Ia menganggap apa yang terjadi di wilayah tersebut sebagai hasutan, tetapi menekankan bahwa meskipun berkaitan antara benar dan salah di mana yang satu masih bisa mengambil sikap yang melayani kepentingan negar Muslim.

Dalam sebuah wawancara khusus dengan al-Manar, beberapa hari setelah ia menjadi sasaran upaya pembunuhan Senin lalu, Sheikh Hammoud mengatakan bahwa pria yang melakukan serangan itu kemungkinan milik tren Takfiri. Dia memperingatkan terhadap bahaya tren (gaya baru) ini terhadap Islam dan umat Islam, karena Takfiri membunuh saudara-saudara Muslim mereka hanya karena mereka berbeda dari mereka.

Takfiri adalah kaum yang gemar menuduh kafir kepada muslimin yang beda pemahaman dengannya (Red-Islam Institute).

Sheikh Hammoud juga menekankan bahwa Hizbullah melalui pertarungan di al-Qusayr – Suriah  mencegah terjadinya skema mengerikan yang direncanakan untuk wilayah tersebut. Dia menyuarakan keyakinan atas keputusan yang diambil oleh Hizbullah meyakinkan bahwa partai telah berkomitmen untuk kesatuan Islam.

Dalam konteks yang sama, Sheikh Hammoud menjelaskan sudut pandangnya mengenai krisis Suriah, menekankan bahwa kesalahan yang dilakukan oleh pemerintah Suriah tidak membela atas pemanggilan untuk campur tangan asing oleh beberapa pihak.

Para pengkhotbah Muslim juga menangani isu-isu lain seperti kinerja Gerakan Islam di dunia Arab, serta hubungan dengan Republik Islam Iran dan Hamas.

Percobaan Pembunuhan

Ditanya apakah ada informasi baru atas serangan di mana ia menjadi sasaran saat fajar Senin lalu, Sheikh Hammoud berkata ya, tapi tidak masuk ke isu untuk menjaga investigasi rahasial.

“Saya pikir hanya beberapa hari dan banyak hal akan diungkapkan,” dia tidak mengatakan lebih lanjut.
Berbicara tentang sisi yang melakukan serangan dia meyakinkan bahwa hal itu belum diketahui, tapi ia berharap bahwa orang yang menembak dirinya dan pengawalnya kemungkinan adalah tren Takfiri.

Pertempuran Qusayr Mencegah Skema mengerikan terhadap Bangsa

Sheikh Hammoud menyuarakan keyakinan atas kebijaksanaan keputusan Hizbullah, menekankan bahwa ia benar-benar yakin dengan penyebab strategis yang mengarah ke keterlibatan partai dalam Pertempuran di  al-Qusayr.

“Kita semua tahu bahwa masalah ini akan dijelaskan sesuai dengan standar sektarian. Namun Hizbullah telah cenderung untuk tidak mengobarkan hasutan sektarian,” kata Sheikh Hammoud kepada Website kami.

Berbicara tentang penyebab yang mendorong Hizbullah untuk memasuki pertarungan di al-Qusayr, Sheikh Hammoud berkata: “Jika pertempuran ini pasti akan mengakibatkan memotong rute pasokan untuk perlawanan atau kedatangan Takfiri yang akan membunuh pejuang … maka semua dampak dipelajari dan merenungkan dengan baik. ”

“Hizbullah tahu dengan baik hasil pertempuran ini. Namun antara bencana dan bencana atau antara buruk dan lebih buruk Hizbullah memilih yang buruk. “

Ancaman Takfiri – Militan Takfiris

Sheikh Hammoud menekankan bahwa militan Takfiri, yang berjuang bersama dengan oposisi bersenjata di Suriah, merupakan ancaman bagi Islam dan umat Islam. Sementara itu, ia menyebut untuk membedakan antara orang yang memiliki salafi tren dan orang-orang takfiri yang membunuh saudara-saudara Muslim mereka.

“Mereka (Takfiri dan Salafi) tidak satu sisi. Ada kalangan salafi yang mendukung perlawanan dan sekutunya di Lebanon. Sebaliknya, ada Salafi yang bijaksana dan setuju untuk berbicara dengan umat Islam lainnya. ”

Imam Masjid  al-Quds di Sidon mengatakan bahwa Takfiri ini dianggap sebagai ancaman bagi seluruh umat Islam, ia mencatat bahwa ancaman ini mungkin lebih berbahaya bagi figur moderat dalam sekte Sunni dibanding tokoh-tokoh lain dalam sekte Syiah.

Menolak Interferensi Asing di Suriah

Mengenai krisis saat ini di Suriah, Sheikh Hammoud yakin bahwa apa yang terjadi di Suriah adalah penghasutan. Ia menilai bahwa pemerintah Suriah melakukan kesalahan. Namun ia menekankan bahwa ini tidak harus mengarah untuk meminta campur tangan asing.

“Beberapa orang yang menentang pemerintah Suriah benar. Namun yang pergi untuk meminta AS atau Israel membantu untuk menggulingkan rezim tidak bisa dimaafkan, mereka adalah konspirator (untuk meberontak) .”

“Bayangkan bahwa rezim di Suriah jatuh dan Takfiri atau Amerika Serikat dan kolaboratornya  memerintah negara (Suriah), maka apa yang akan terjadi dengan perlawanan di Lebanon?”

“Saya pikir bencana akan terjadi jika pemerintah Suriah akan digulingkan sebagaimana yang mereka rencanakan,” tambah Sheikh Hammoud. Berbicara tentang situasi yang akan berakhir di Suriah, Sheikh Hammoud mengatakan bahwa keputusan AS sekarang adalah untuk menghancurkan Suriah.

“Dalam rangka memenuhi tujuan mereka, mereka akan terus mempersenjatai oposisi,” katanya kepada situs kami.

Ikhwanul Muslimin Tidak Mengadopsi Sikap yang Benar

Selama kinerja gerakan Islam di dunia Arab, Sheikh Hammoud menilai bahwa Ikhwanul Muslimin belum berhasil dalam sikap politiknya.

Dia mencatat bahwa ia menganggap dirinya seorang pria yang memiliki doktrin terkait oleh Imam Hasan al-Banna, pendiri Ikhwanul Muslimin di Mesir. Dalam konteks ini ia mengatakan bahwa Ikhwanul Muslimin tidak bertindak dengan baik seperti penerapan ajaran Imam al-Banna.

“Jika mereka setia kepada ajaran Imam al-Banna mereka akan mengambil sikap yang sama dengan sikap saya,” kata Sheikh Hammoud mengacu pada sikap Ikhwanul Muslimin yang minta bantuan AS di Mesir dan Suriah.

Sheikh Maher Hammoud Tentang Hubungan dengan Iran – Hamas

Berbicara tentang hubungan dengan Iran, Sheikh Hammoud memuji republik Islam Iran, mengatakan itu berbuat banyak bagi bangsa ini.

“Perilaku Iran menunjukkan bahwa mereka memiliki proyek bantuan yang tidak bisa dipandang kecil terhadap Palestina untuk tujuan itu.”

“Mereka menganggap semua rintangan dan kesulitan yang  menjadi mudah untuk mencapai tujuan mereka.”

Sementara itu, Sheikh Hammoud mengatakan hubungan dengan gerakan Palestina, Hamas, adalah baik, ia mencatat bahwa pertemuan dengan para pejabat gerakan lokal  sedang berlangsung di mana suara pengkhotbah Muslim memberikan catatannya atau kritik atas kinerja Hamas.

Di sisi lain, ia memuji gerakan, mengatakan itu dapat menyembunyikan perselisihan internal.
Dalam konteks ini ia mengatakan bahwa pihak yang mengontrol resistensi dalam Hamas berkomitmen untuk pilihan perlawanan dan hubungan dengan Hizbullah dan Iran.

Sumber: Islam Institute/ Al-Manar

About Sarah

Lifetime learner, wanderlust, lover

Check Also

Sukarno Temukan Islam dari Balik Jeruji Besi

Oleh: Bayu Hermawan Satu Islam – Sukarno harus melalui perjalanan panjang untuk mengenal lebih dalam …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *