Home / Tokoh / Said Agil dan Habib Luthfi Tercatat 50 Muslim Berpengaruh di Dunia

Said Agil dan Habib Luthfi Tercatat 50 Muslim Berpengaruh di Dunia

Dok: NU Online

Satu Islam, Amman – Empat tokoh dari Indonesia masuk daftar 50 teratas muslim paling berpengaruh di dunia versi ‘The Muslim 500’. Riset ini dilakukan oleh Royal Islamic Strategic Studies Centre yang berkedudukan di Amman, Jordan. Riset The Muslim 500 yang dilansir pada Minggu 21 Mei 2017.

Riset ‘The 500 Most Influential Muslim’ ini dilakukan secara dan pertama kali dilakukan pada 2009. The Muslim 500 hanya mempublish secara gamblang daftar 50 muslim paling berpengaruh di dunia. Presiden Joko Widodo menduduki posisi ke-13 dalam daftar ini.

Ketua Umum Pengurus Besar Nadlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siradj berada di posisi ke-20. Pertimbangannya, Kyai Said mampu mewujudkan toleransi keberagamaan yang tinggi saat memimpin NU selama dua periode. Kyai Said juga disebut tegas dalam menindak diskriminasi kepada kaum minoritas.

Ketua Dewan Pertimbangan MUI yang juga mantan Ketum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin masuk di urutan nomor 41. Din diperhitungkan karena aktif melakukan dialog atar agama dan budaya.

Habib Luthfi Yahya, Ra’is ‘Amm dari Jam’iyyah Ahli Thariqah al-Mu’tabarah al-Nahdliyah masuk di urutan 45. Habib Luthfi merupakan guru spiritual dan tariqah yang memiliki jutaan pengikut. Habib Luthfi juga mendirikan ribuan sekolah, masjid dan zawiyah (red, lembaga tariqah) di Indonesia.

Adapun untuk peringkat teratas dikunci oleh Imam Universitas Al Azhar Professor Dr Sheikh Ahmad Muhammad Al-Tayyeb. Dia mengalahkan Raja Jordania Abdullah Hussein dan Raja Saudi Salman bin Abdulaziz. Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan berada di peringkat 8. Pemimpin tertinggi Iran, Sayyid Ali Khamenei berada di peringkat 4.

Selain empat nama tersebut, berikut ini 17 nama asal Indonesia lainnya yang masuk dalam 500 Muslim berpengaruh di dunia:

Sektor Pendidikan dan Karya Tulis: KH Ahmad Mustofa Bisri dan Syafii Ma’arif

Sektor Politik: Anis Matta, Prabowo Subianto, dan Megawati Soekarnoputri

Sektor Sosial: Husein Muhammad

Sektor Bisnis: Sri Mulyani Indrawati

Seni dan Kebudayaan: Asma Nadia dan Helvy Tiana Rosa

Amal dan Pembangunan SDM: Haidar Bagir

Dakwah dan Pembimbing Spiritual: Prof. Dr. Tuti Alawiyaah, Aa Gym, dan Quraish Shihab

Sains dan Teknologi: Tri Mumpuni

Pelantun Al Quran: Maria Ulfah

Media: Goenawan Muhammad

Ormas Keagamaan: Haidar Nasir

 

About Abu Nisrina

Check Also

Che Guevara, Sang Ikon Perlawanan

Satu Islam – Pada 9 Oktober 1967 atau 50 tahun lalu, pemimpin gerilya Ernesto Guevara …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *