oleh

Ternyata Negara-Negara Arab Terkorup di Dunia

P3e4ebnqtMSatu Islam, Berlin – Sejumlah Negara Arab berada di peringkat paling atas negara terkorup di dunia. Data ini dikeluarkan oleh Lembaga Transparansi Internasional.

Suriah, Irak, Libya, Somalia dan Sudan adalah negara dengan skor kurang dari 20 yang berarti menandakan parahnya praktik korupsi yang terjadi di negara-negara tersebut. Dari data ini negara-negara di atas memiliki latar belakang sama yaitu sedang hancur berantakan karena perang.

“Korupsi sangat terkait dengan negara yang sedang hancur berantakan. Seperti yang terlihat di Libya dan Suriah, dua negara ini adalah negara yang paling buruk (dalam hal korupsi),” ujar anggota Tranparansi Internasional, Finn Heinrich, seperti dikutip dari Al Jazeera.

Selain Suriah dan Libya, Finn menilai Afghanistan dan Somalia merupakan negara yang harus diperhatikan tingkat korupsinya. Dijelaskan Finn ini karena sudah cukup lama Amerika Serikat (AS) dan NATO ikut campur dalam di kedua negara tersebut, sehingga dapat menimbulkan celah perilaku korupsi diterapkan.

“Afghanistan adalah cerita yang sangat serius dan kami sama sekali tidak melihat adanya perbaikan,” jelasnya.

“Negara barat tidak hanya melakukan investasi atas bidang keamanan (di Afghanistan), tetapi mereka juga membangun supremasi hukum. Tetapi survei menunjukan adanya peningkatan suap dan telah ada di angka yang paling tinggi,” tutup Finn.

 

Sumber : Al Jazeera

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed