oleh

Tepati Janji, Iran Tembakkan Roket ke Pangkalan Militer AS di Irak

Roket ditembakkan Rabu pagi, sebagaimana dilansir Bloomberg dari televisi lokal yang mengutip Korps Pengawal Revolusi Iran (IRGC). Serangan dilakukan di Ayn al-Asad di Irak Barat. Ini dilakukan sebagai balasan atas kematian Jenderal Qasem Soleimani.

“IRGC mengumumkan kepada Setan AS bahwa balasan yang dilakukan akan dipenuhi rasa sakit dan kehancuran,” kata IRGC.

Sementara Gedung Putih juga mengkonfirmasi hal ini. “Kami mengetahui adanya laporan serangan terhadap fasilitas AS di Irak,” kata Sekretaris Gedung Putih Stephanie Grisham dalam sebuah pernyataan.

“Presiden telah diberi pengarahan dan sedang memantau situasi dengan cermat dan berkonsultasi dengan tim keamanan nasional.

Trump di akun Twiternya menullis “Semua baik-baik saja! Rudal diluncurkan dari Iran di dua pangkalan militer yang berlokasi di Irak. Pengecekan korban & kerusakan sedang dilakukan sekarang. Sejauh ini baik! Sejauh ini, kita memiliki militer yang paling kuat dan lengkap di seluruh dunia! Saya akan membuat pernyataan besok pagi.”

Menurut laporan CNBC International, setelah serangan Iran terjadi, Trump mengadakan pertemuan dengan penasihat utamanya di Gedung Putih. Mereka membahas serangan itu. Pertemuan itu juga dihadiri Wakil Presiden Mike Pence, Menteri Pertahanan Mark Esper, Menteri Luar Negeri Mike Pompeo dan Jenderal Angkatan Darat Mark Milley.

Menteri Luar Negeri Iran Javad Zarif di waktu yang sama juga berkicau di akun Twitternya, “Iran mengambil dan menyimpulkan langkah-langkah proporsional dalam pembelaan diri berdasarkan Pasal 51 dari Piagam PBB yang menargetkan basis dari mana serangan bersenjata pengecut terhadap warga negara kita & pejabat senior diluncurkan. Kami tidak mengundang eskalasi atau perang, tetapi akan membela diri terhadap agresi.”

Press TV mengatakan 80 tentara Amerika tewas dalam serangan di pangkalan militer AS di Irak, meskipun Amerika Serikat mengatakan tidak ada korban di pihak mereka.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed