Home / Internasional / Senator AS Menyerukan Pemutusan Hubungan Diplomatik dengan Saudi Terkait Pembunuhan Khashoggi

Senator AS Menyerukan Pemutusan Hubungan Diplomatik dengan Saudi Terkait Pembunuhan Khashoggi

Tuduhan pembunuhan jurnalis Saudi, Jamal Khashoggi, di dalam gedung konsulat Saudi di Istanbul telah menarik balasan dari Amerika Serikat. Wartawan dan kolumnis di Washington Post telah hilang sejak ia memasuki konsulat Saudi di Istanbul pada 2 Oktober.

Sebuah laporan Reuters pada hari Sabtu mengatakan bahwa Khashoggi terbunuh di dalam gedung konsulat setelah ditahan selama beberapa hari. Jurnalis dan pihak berwenang di AS telah berbicara menentang tindakan Saudi.

Khashoggi dikenal kritis terhadap kebijakan domestik dan luar negeri Saudi. Editor di Washington Post dan kolega Khashoggi, Fred Hiatt mengatakan bahwa jika itu memang terjadi, pembunuhan itu adalah “tindakan yang mengerikan dan tak terduga”.

Anggota Senat dan Hubungan Luar Negeri AS Chris Murphy menulis di akun Twitternya bahwa jika benar pembunuhan terjadi ini harus menjadi dasar pemutusan hubungan sementara antara AS-Saudi.

Murphy sebelumnya menuntut pemerintah Saudi “memberikan jawaban” tentang keberadaan Khashoggi.

Polisi Turki yang menyelidiki kasus itu mengatakan dalam sebuah pernyataan kemarin bahwa 15 warga Saudi, termasuk beberapa pejabat, tiba di Istanbul dengan dua pesawat dan mengunjungi konsulat sementara Khashoggi ada di dalam.

Polisi Turki di Istanbul telah mengawasi masuk dan keluar di Konsulat Saudi sejak saat itu, Khashoggi memasuki gedung, kata tunangannya.

Kantor Jaksa Penuntut Umum di Istanbul memulai penyelidikan pada hari kejadian itu, sementara konsulat juga mengatakan di Twitter bahwa pihaknya bekerja dalam koordinasi dengan pihak berwenang Turki. (yenisafak)

Check Also

Bangsawan Saudi ‘Menghilang’ setelah Bertanya tentang Khashoggi

Setidaknya lima bangsawan Saudi dilaporkan hilang setelah mereka berusaha menyuarakan ketidakpuasan dengan hilangnya jurnalis Jamal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.