Home / Umum / Semua Orang Adalah Guru

Semua Orang Adalah Guru

Sebagai mahluk sosial setiap hari manusia pasti melakukan interaksi, baik kepada keluarga, teman, maupun orang lain yang mungkin belum atau tidak dikenali dengan berbagai latar usia dan profesi yang meliputinya, melalui proses interaksi tersebut kita akan menerima informasi-informasi mengenai berbagai macam hal, dari yang sangat penting hingga informasi yang tidak terlalu perlu.

Namun, terlepas dari informasi yang kita terima penting atau tidak, dalam melakukan proses interaksi adalah suatu keharusan bagi kita untuk tidak mengabaikan serta memandang rendah lawan bicara, karena sejatinya semua orang adalah guru bagi kita. Guru yang selalu akan memberikan hikmah kepada kita melalui caranya masing-masing, untuk itu, bahkan ketika kita dipertemukan dengan orang yang dilabeli gila sekalipun, kita tidak seharusnya mengarahkan pandangan yang hina kepadanya, terlebih kualitas baik atau buruknya manusia tidak bisa dinilai hanya melalui apa yang kita lihat.

 

Berkaitan dengan itu, Sayyidina ‘Ali mengajarkan kepada kita,

“Kalau kamu berjumpa dengan orang yang lebih muda, berfikirlah dalam hatimu: pasti dosanya lebih sedikit daripada dosaku. Kalau kamu berjumpa dengan orang yang lebih tua, berfikirlah dalam hatimu: pasti amalnya lebih banyak daripada amalku”

Dengan demikian, setiap orang memiliki kelebihan atau keutamaan nya masing-masing, sebagaimana kita juga punya kelebihan, tetapi hal itu tidak seharusnya menjadikan kita merasa lebih mulia daripada siapa pun, karena begitu kita merasa diri kita lebih mulia justru kita sedang terjatuh menuju sifat yang tercela.

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *