oleh

Secara Diam-diam Arab Saudi Surati Iran untuk Tempuh Jalan Damai

Pemerintah Iran menyatakan, Arab Saudi telah mengirim sebuah surat kepada Presiden Iran, Hassan Rouhani. Teheran menyebut surat itu dikirim Saudi kepada Rouhani melalui pemimpin negara lain.

“Pesan dari Saudi disampaikan kepada Hassan Rouhani melalui para pemimpin beberapa negara,” kata juru bicara pemerintah Iran, Ali Rabiei dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Reuters pada Senin (30/9).

“Jika Saudi benar-benar mengejar perubahan perilaku, Iran menyambut baik itu,” sambungnya. Tapi, sayangnya Rabei menolak memberikan rincian mengenai isi dari surat tersebut.

Sampai saat ini, Iran masih menunggu pernyataan resmi Arab Saudi untuk menerima ajakan Iran membentuk koalisi di Timur Tengah.

Jubir Kemenlu Iran, Abbas Mousavi, berjanji bahwa Iran akan segera mengumumkan detail rencana pembentukan koalisi yang disampaikan oleh Presiden Rouhani pada Sidang Umum PBB Minggu lalu di New York.

“Detail rencana akan segera kami umumkan dalam bentuk tertulis, khususnya untuk delapan negara yang kami undang untuk bergabung dengan koalisi ini,” ucap Mousavi.

Sementara itu, sebelumnya Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman (MBS) mengatakan harga minyak akan melambung tinggi dalam angka tak terbayangkan jika dunia tidak menghalangi “kenakalan” Iran di Teluk Persia. Namun, MBS mengaku lebih suka solusi damai atau politik daripada solusi militer terhadap Teheran, karena perang akan berdampak mengerikan.

Peringatan tersebut dia sampaikan dalam sebuah wawancara dengan program “60 Minutes” CBS yang disiarkan pada hari Minggu.

Dalam wawancara, MBS setuju dengan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Michael Pompeo bahwa serangan 14 September yang merusak fasilitas pemrosesan minyak bumi terbesar di dunia dan melumpuhkan lebih dari lima persen pasokan minyak dunia itu adalah tindakan perang oleh Iran. Hanya saja, dia lebih suka resolusi damai, karena perang antara Saudi dan Iran akan menghancurkan ekonomi global. [SINDO/SPUTNIK]

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed