oleh

Remehkan Ancaman, Ayatullah Khamenei Bilang Sanksi AS Bikin Iran Mandiri

Iran bertekad untuk meningkatkan kemampuan pertahanannya meskipun tekanan dari Amerika Serikat (AS) dan sekutunya bermaksud untuk menghentikan program rudal balistik Teheran. Tekad itu disampaikan Pemimpin Tertinggi Ayatollah Ali Khamenei dalam pidatonya hari Kamis.

“Kita perlu membawa Iran ke titik di mana musuh memahami bahwa mereka tidak dapat mengancam Iran. Sanksi Amerika akan membuat Iran mandiri,” kata Khamenei, dikutip Reuters, Jumat (12/3/2019).

Presiden Amerika Serikat Donald Trump telah menarik Washington keluar dari perjanjian nuklir 2015 antara Iran dan enam negara besar (AS, Rusia, Inggris, Prancis, Jerman dan China). Sejak keluar dari perjanjian itu AS menerapkan kembali sanksinya terhadap Iran yang sempat dicabut.

Khamenei melanjutkan para penandatangan kesepakatan Eropa juga telah gagal mempertahankan kepentingan ekonomi Iran.

“Mereka selalu menikam Iran di belakang. Negara-negara Barat telah membuktikan bahwa mereka tidak dapat dipercaya,” lanjut dia.

Para pemimpin Iran telah mengancam akan keluar dari kesepakatan nuklir kecuali jika negara-negara kekuatan Eropa memungkinkan Teheran untuk menerima manfaat ekonomi.

“Mekanisme yang ditetapkan oleh orang-orang Eropa ini seperti lelucon yang pahit,” kata Khamenei, merujuk pada saluran yang dibuka oleh para penandatangan kesepakatan Eropa untuk perdagangan non-dolar dengan Iran untuk mengatasi sanksi AS.
(sindo)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed