oleh

Qatar Siap Perang dengan Arab Saudi

Saudara Emir Qatar kepada empat negara Arab yang mensanksi negara ini khususnya Arab Saudi mengatakan, Doha tidak ingin perang, namun jika diperlukan kami siap untuk itu.

“Doha bukan pengobar perang, namun jika ada negara yang berpikir untuk mengagresi Qatar, maka Kami akan membela negara kami dengan sepenuh tenaga,” papar Khalifa bin Hamad Al Thani Ahad (7/7) di akun twitternya seperti dilaporkan IRNA.

Arab Saudi dan sekutunya (Mesir, Uni Emirat Arab dan Bahrain) sejak 5 Juni 2017 memutus hubungan diplomatiknya dengan Qatar karena Doha tidak mengikuti arus Arab yang dipimpin Riyadh. Selain menjatuhkan sanksi, empat negara Arab ini juga menutup perbatasan laut, udara dan daratnya bagi Qatar.

Empat negara Arab ini pada 23 Juni 2017 menyodorkan 13 syarat dan tuntutan kepada Qatar serta menyatakan normalisasi hubungan dengan Doha bergantung pada implementasi seluruh tuntutan tersebut.

Syarat terpenting yang ajukan Arab Saudi Cs bagi Qatar mencakup pemutusan hubungan diplomatik dengan Iran dan Hizbullah Lebanon, menutup total televisi Aljazeera dan mencabut pangkalan militer Turki dari wilayah Qatar.

Sementara itu, Doha menolak tegas syarat yang diajukan Arab Saudi beserta sekutunya. [PT]

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed