loading...
Home / Opini / Prof Hamid Dabashi: Berkat Mesin Pengumpul Data Anda, Terimakasih Saudara Mark !
loading...

Prof Hamid Dabashi: Berkat Mesin Pengumpul Data Anda, Terimakasih Saudara Mark !

Mark Zuckerberg

Satu Islam, 22 April 2018- Saya melihat potongan kesaksian Anda di depan Kongres AS – dasi yang bagus! Saya tidak dapat menonton semuanya (Anda tahu, tidak seperti politisi yang membual tidak ada gunanya mempertanyakan Anda,sedang saya bekerja untuk mencari nafkah). Tapi dari apa yang saya lihat dan kemudian dibaca, Anda sedang tertekan karena menggunakan data dari halaman Facebook kami (termasuk juga saya) dan Anda menjualnya kepada penawar tertinggi. Rupanya, begitulah cara Anda menjadi miliarder.

Semua kekuatan Big Data Anda yang pegang, Saudara Mark! Saya tidak punya masalah dengan itu. Silakan langsung dan gunakan semua data di Facebook saya dan Anda jual ke siapa pun yang Anda inginkan. Saya pikir baik orang Israel, orang Iran, para penguasa Arab, Neocons Amerika tidak punya kepentingan untuk itu. Jika mereka melakukannya -ahlan wa sahlan! Anda tidak akan berutang apa-apa untuk itu. Nikmati miliaran Anda, tetapi bagikan kepada orang lain yang membutuhkan. Berbagi adalah kepedulian, seperti Marx bilang.

Anda harus tahu bahwa Anda lebih baik dari legislator bodoh yang menginterogasi Anda. Anda telah menciptakan raksasa yang melampaui imajinasi Anda sendiri. Anda adalah Victor Frankenstein dari Internet. Saya benar-benar takjub dengan itu. Bagaimanapun, kita hidup di masa ketika bahkan bersin yang kita miliki di New York, seorang perwira intelijen di China, Rusia, Iran, atau Israel mengatakan “Gesundheit!” Hanya Tuhan yang tahu dalam bahasa apa ia diucapkan.

Hamid Dabashi

Para legislator bodoh itu memprotes jejaring sosial yang Anda dan kolega Anda di Silicon Valley. Mereka menyumpah serapahi kerja-kerja luar biasa Anda dan teman-teman Anda.Mereka menyalah-nyalahkan para politisi Rusia, dimana Anda seperti orang Muda kemarin sore yang menempatkan Anda menduduki posisi terpeting di dunia.

Anda tidak melakukan hal seperti itu, Pak. Justru sebaliknya: Anda membantu mengungkapkan akar busuk sistem politik yang usang dan disfungsional yang mereka sebut “demokrasi Amerika”. Pujian untuk saudara Mark!

Apa pun yang dilakukan Facebook atau Rusia selama musim panas 2016 tidak menyebabkan Hillary Clinton kehilangan pemilihan. Hillary Clinton adalah alasan Hillary Clinton kalah. Beritahu siapa pun yang memberi tahu Anda jika tidak mau membaca buku Donna Brazile yang luar biasa, Hacks: The Inside Story of the Break dan Breakdowns yang menaruh Donald Trump di Gedung Putih, di mana ia menyingkap betapa tidak terkontrolnya klan Clinton dan Partai Demokrat .

Anda tahu siapa yang membantu Donald Trump terpilih? Sheldon Adelson melakukannya – pebisnis Zionis yang secara terbuka dan dengan bangga memberikan jutaan dolar untuk kampanye Trump dan mendapat tempat duduk yang bagus tepat di belakang Trunp ketika ia diresmikan. Tetapi Anda tidak pernah mendengar siapa pun dari para politisi AS di dalam kantong Zionis-AS mengucapkan sepatah kata tentang hal itu. Tidak ada negara di planet Bumi yang telah menculik dan menduduki sistem politik AS seperti selicik koloni pemukim Israel.

Sampai pada tingkatan di mana Rusia menggunakan platform jejaring sosial Anda untuk mengumpulkan data dan mengelabui orang-orang agar memilih Trump – ada keadilan puitis, karma, dalam hal itu juga. Tahukah Anda di beberapa banyak negara yang telah diganggu AS, secara militer dan sejenisnya,perjuangan negara-negara itu berjuang untuk mengalihkan dan mendistorsi demokrasi elektoral Amerika ? Cek di Google itu jika Anda tidak percaya.

Izinkan saya menambahkan sesuatu yang lain, Saudaraku Mark: “Media Barat memiliki monopoli tentang bagaimana kita membaca dunia. Mereka adalah pelakunya. Mereka menyalahgunakan fakta-fakta untuk memutarbalikkan kebenaran. Adalah media BBC dan New York Times tuan dari biang kebohongan ini. New York Times membantu George W Bush membodohi seluruh bangsa Amerika untuk menyetujui invasi ke Irak. Kegelisahan BBC terus mendukung proyek kolonialisme di Palestina. Dan mereka memiliki keberanian untuk berbicara tentang “berita palsu” dan “fakta-fakta palsu”.

Anda, Saudara Mark, telah membuat saya menjadi orang yang bahagia untuk mengetahui bahwa ada begitu banyak orang yang berpikir seperti saya lakukan di seluruh dunia, melambai pada saya ketika saya memberi BBC tentanng pikiran-pikiran saya!

Saya mengucapkan terima kasih banyak kepada Bapak Zuckerberg untuk itu! Semua kekuatan untukmu!

Hormat kami,

Hamid Dabashi adalah Profesor Hagop Kevorkian Studi Iran dan Sastra Komparatif di Universitas Columbia.
.

loading...

Check Also

Cara Pandang Salafisme

Cara Pandang Salafisme punya kemiripan dengan Filsafat Positivisme. Ada Apa?

Satu Islam, Jakarta – Salafisme menawarkan sebuah gambaran tentang Islam yangg cukup digdaya: Islam sebagai doktrin …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

loading...