oleh

Presiden Iran Rouhani: Jangan Biarkan Dasasila Bandung Diremehkan

135130_rouhaniiSatu Islam, Jakarta – Satu per satu kepala negara yang hadir di peringatan KAA menyampaikan pandangan mereka mengenai kerja sama selatan-selatan. Presiden Iran Hassan Rouhani yang juga hadir kemudian menyampaikan pandangan dia tentang perdamaian dunia.

“Jangan biarkan Dasasila Bandung diremehkan. Jangan biarkan kekerasan, agresi, terorisme dan ekstrimisme menyebar dengan mudah ke penjuru dunia dan menumpahkan darah orang-orang tak bersalah,” tutur Rouhani di Assembly Hall JCC, Senayan, DKI Jakarta, Rabu 22 April 2015.

Dia menambahkan bahwa terorisme dan ekstrimisme sekarang menyebar di Asia dan Afrika. Ekstrimis, teroris, terutama di Suriah dan Irak dan beberapa negara Afrika menggunakan cara barbar untuk membunuh perempuan, anak-anak, dan laki-laki tidak bersalah.

Para ekstrimis seakan menikmati intelijen, logistik, dan finansial dari wilayah yang mereka tempati untuk meningkatkan tujuan yang tak berlegitimasi. “Dua tahun lalu saya mencatat mereka berkembang, saya bergabung dalam General Assembly of the United Nations di tahun 2013 untuk mengadopsi resolusi dunia melawan kekerasan dan ekstrimisme (World Againts Violence and Extremism/WAVE),” kata Rouhani.

Rouhani kemudian menyampaikan empat poin yang dia rangkum sebagai Aksi Global Melawan Kekerasan dan Ekstrimisme (Global Action Againts Violence and Extremism/GAVE) yang isinya adalah (1) Konsep fundamental dari perlawanan terhadap teroris adalah menghormati sesama hidup, (2) Pengkhianatan terbesar dari agama adalah menyalahgunakan ajarannya untuk melegitimasi pembunuhan, (3) Kita juga harus mengidentifikasi alasan kaum muda yang tertarik dengan aksi terorisme dan menyetop perekrutannya, (4) Kemudian, keuangan, politik dan intelijen yang mendukung aksi mereka harus dihentikan.(Detikom)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed