oleh

Polisi Swedia Tangkap Pria Pembakar Masjid Syiah

Api berasal dari bagian depan masjid dan menyebar ke bagian atap dan polisi masih menyelidiki apakah ada motif politik atau tidak. – Foto: Reuters

Satu Islam, Stockholm – Pemerintah Swedia menangkap seorang pria untuk diperiksa untuk melihat keterlibatan dia dalam kebakaran di suatu mesjid Syiah, di pinggiran Stockholm, kata pernyataan polisi.

Tidak ada yang terluka dalam kebakaran pada Minggu 29 April 2017, di pinggiran Jarfalla, di ibu kota Swedia itu.

Polisi menyatakan orang itu ditangkap, namun tidak memberi keterangan lebih lanjut, juga tidak mengungkapkan jatidiri tersangka itu.

Pemerintah Swedia mewaspadai kemungkinan pembalasan sesudah seorang pria menabrakkan truk bir bajakan ke pejalan kaki di pusat kota sibuk pada bulan lalu, yang menewaskan lima orang.

Seorang Uzbekistan, yang permintaan suakanya ditolak, ditahan sebagai tersangka utama.

ISIS, kelompok keras Sunni pembidik kaum Syiah di beberapa negara, menyatakan bertanggung jawab atas kebakaran di masjid kecil Syiah di Malmo, Swedia selatan, pada tahun lalu.

Tersangka utama dalam perkara tersebut dituduh melakukan terorisme tapi dibebaskan.

Masjid Imam Ali merupakan rumah ibadah terbesar umat Islam Syiah di Swedia, dan serangan terhadap rumah ibadah ini mengkhawatirkan komunitas Muslim.

“Jika polisi sampai pada kesimpulan bahwa itu pembakaran maka amat penting bagi kami untuk mengambil langkah-langkah pengamanan yang lebih ketat. Namun kami akan menunggu penyelidikan polisi,” jelas Akil Zahiri, juru bicara Masjid Imam Ali.

Sumber: Antara

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1 comment

News Feed