Home / Nasional / Pengungsi Syiah dan Imigran Upacara HUT RI

Pengungsi Syiah dan Imigran Upacara HUT RI

Pengungsi syiah dan imigran di Sidoarjo upacara HUT RI. – Foto: Merdeka.com

Satu Islam, Surabaya – Merayakan Proklamasi Kemerdekaan RI Ke-72, Kapolresta Sidoarjo Kombespol Himawqn Bayu Aji melaksanakan upacara bendera di Puspa Agro, Jemundo, Taman, Kamis 17 Agustus 2017.

Peserta upacara dari warga pengungsi Syiah asal Sampang, Madura dan imigran dari berbagai negara yang menempati rumah susun (Rusun) Puspa Agro. Pelaksanaan upacara bendera ini untuk mengenalkan nasionalisme masyarakat Indonesia kepada ratusan pengungsi asing dari berbagai negara tersebut.

Himawan mengatakan para pengungsi asing ini sangat antusias mengikuti upacara bendera. Para peserta upacara dari pengungsi itu mengenakan ikat warna merah putih. Ikat itu lalu diikatkan di kepala, hingga pelaksanaan upacara selesai ikat tersebut tidak dilepas.

“Padahal upacara dimulai pukul 06.00 WIB, tapi mereka (para pengungsi) sudah siap-siap sejak subuh. Saya sangat mengapresiasinya,” kata Himawan usai upacara.

Petugas upacara oleh warga pengungsi Syiah, mulai dari komandan upacara, Paskibra hingga pembaca Undang-undang. Hanya saja, inspektur upacara langsung dipimpin Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Himawan Bayu Aji.

Pelaksanaan upacara itu membuat kesan tersendiri bagi para imigran. “Ini sangat bagus, baru pertama kali ini. Indonesia hebat, Indonesia merdeka,” kata Ali Muhammad, imigran asal Afganistan yang sudah 3 tahun di tempat itu.

Ratusan imigran dan pengungsi Syiah usai melaksanakan upacara sempat berkumpul bersama di halaman untuk berfoto bersama dengan Kapolresta Sidoarjo. Bahkan mereka juga meneriakkan kata merdeka sambil mengacungkan tangan.

loading...

One comment

  1. tuluuunnngg. pengungsi syiah maksutnya gimana. syiah itu yg menyerang sipil syria. bagaimana bisa mereka yg malah mengungsi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *