oleh

Pasukan Khusus Saudi Sudah Mendarat di Yaman

pasukan-saudi-02
Pasukan khusus Arab Saudi – Foto: Reuters

Satu Islam, Riyadh – Pasukan khusus Arab Saudi telah terlibat dalam operasi militer melawan Syiah Houthi di Yaman, kata seorang penasihat Saudi seperti dikutip AFP. Koalisi pimpinan Arab Saudi yang memerangi gerilyawan Syiah Huthi di Yaman mendaratkan puluhan pasukan khusus di Aden, Minggu 3 Mei 2015.

Pasukan khusus angkatan darat Saudi telah memasok senjata dan perlengkapan komunikasi kepada militer yang setia kepada Presiden Abedrabbo Mansour Hadi di Aden, kata penasihat itu.

Sedangkan pasukan khusus angkatan laut menyediakan bantuan koordinasi dan panduan yang membuat para loyalis Presiden Hadi bisa melancarkan serangan balasan terhadap milisi Houthi.

Pasukan khusus akan terus terlibat bersama para pejuang yang setia kepada Hadi yang tengah mengungsi di Saudi Arabia, kata penasihat yang memintanya dirahasiakan.

Dia mengatakan pasukan khusus angkatan darat dan lau terlibat dalam berbagai operasi melawan Houthi yang menduduki Pulau Myun Island di Selat Bab al-Mandab yang merupakan jalur maritim dunia.

“Pasukan khusus telah mengisolasi pulau itu begitu operasi berlanjut untuk menghancurkan segala sisa kehadiran Houthi yang didukung oleh para teknisi militer asing,” kata dia menunjuk Iran.

Saksi mata mengatakan pasukan khusus berpakaian hitam ala militer dan dilengkapi persenjataan canggih. Helikopter tempur berputar-putar di atas area pendaratan pasukan khusus itu, antara daerah Al-Mansoura dan Bandara di Aden.

Iran sendiri menolak tuduhan telah memasok senjata ke Yaman, namun seorang diplomat Barat berkata kepada AFP bahwa memang ada banyak pengapalan senjata ke Yaman dari luar negeri.

Iran yang mendukung Houthi menuduh Arab Saudi telah mengancam stabilitas di Timur Tengah.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed