oleh

Paris Akan Jadi Tuan Rumah Pertemuan Internasional Membahas ISIS

Kelompok Militan ISIS (Dok :AFP)
Kelompok Militan ISIS (Dok :AFP)

Satu Islam, Paris – Prancis akan menggelar pertemuan internasional untuk memerangi ancaman yang ditimbulkan kelompok militan ISIS di Irak. Pertemuan tingkat tinggi ini akan diadakan di Paris bulan Juni mendatang. Demikian dilaporkan dari laman resmi detik.com.

“Bersama (Menteri Luar Negeri Amerika Serikat) John Kerry dan (Perdana Menteri Irak Haider) al-Abadi, saya akan menyambut para anggota koalisi internasional di Paris pada 2 Juni untuk berbicara mengenai Irak,” kata Menteri Luar Negeri Prancis Laurent Fabius dalam pidatonya di Paris, seperti dilansir kantor berita AFP, Kamis (21/5/2015).

Dikatakan Fabius, tema sentral dalam pertemuan itu memang akan membahas krisis di Irak. Namun bukan tidak mungkin, masalah Suriah juga akan dibahas.

“Kita harus membahas bagaimana koalisi ingin melanjutkan. Dan perdana menteri Irak akan memberitahu kita tentang situasi di sana,” imbuh Fabius.

Menurut sumber-sumber diplomatik, sekitar 24 menteri — termasuk Menteri Luar Negeri Jerman Frank-Walter Steinmeier — juga akan hadir dalam pertemuan di Paris tersebut. Begitu pula dengan para perwakilan dari organisasi-organisasi terkemuka dunia.

Hal ini disampaikan di tengah kian merajalelanya kelompok ISIS di Irak, juga di Suriah. Di Suriah, ISIS kini menguasai sebagian kota bersejarah Palmyra. Sementara di Irak, kota Ramadi telah jatuh ke tangan ISIS sejak beberapa hari lalu. Saat ini, pasukan Irak dan para milisi pendukung pemerintah telah berkumpul di sekitar Ramadi untuk bersiap merebut kembali kota strategis tersebut dari ISIS.(AFP/Detik)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed