Home / Opini / Cinta Islam, Cinta NKRI

Cinta Islam, Cinta NKRI

Oleh: Faisol Farid

indonesia_agama640
ilustrasi

Satu Islam – Agama dan negara adalah dua entitas yang tidak sama juga tidak bertentangan. Relasi antar keduanya adalah interseksi (irisan). Agama adalah sistem vertikal yang berpijak pada teks suci. Objeknya adalah umat, pemimpinnya adalah ulama. Negara adalah sistem horisontal yang berpijak pada konstitusi (undang-undang). Objeknya adalah warga/bangsa. Pemimpinnya adalah Presiden.

Agama dapat dilihat dari dua dimensi. Secara ontologis, agama adalah wahyu yang transenden, suci dan abadi. Agama secara epistemologis adalah kumpulan ajaran yang disarikan dari wahyu yang terungkap dalam teks suci/kitab suci. Agama secara ontologis adalah realitas abstrak yang mutlak. Agama secara epistemologis adalah produk persepsi yang relatif.

Negara adalah sebuah entitas esensial (institusi) yang dibangun berdasarkan kesepakatan-kesepakatan tertentu seperti  wilayah, undang-undang, dan penduduk. Isu kepemimpinan dan relasi negara -agama atau kitab suci-konstitusi harus dikaji secara komprehensif supaya tidak kontraproduktif. Kitab suci itu sakral secara vertikal dan mengikat umat (pengimannya). Konstitusi juga sakral secara sosial dan mengikat warga.

Menurut saya, negara yang berpijak pada konstitusi yang disarikan dari nilai-nilai Islam seperti keesaan bisa dianggap sebagai “negara Islami”. Karena itu setiap warga Indonesia yang muslim punya dua tugas kepatuhan; sebagai umat kepada agamanya dan sebagai warga kepada negaranya.

Banyak agenda yang harus diutamakan. Saatnya bangsa ini menghentikan pemborosan energi dengan tidak lagi sibuk saling mengkafirkan hanya karena berbeda pandangan. Sumber utama polemik-polemik yang sia-sia adalah kekaburan variable-variabel yang menyertainya. Polemik Quran-Konstitusi adalah salah satunya

About Abu Nisrina

Check Also

Seksi Suriah

Oleh: Anwar Aris Satu Islam – “Dunia ini panggung sandiwara. Ceritanya mudah berubah.” Godbless Pasca …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *