Home / Opini / Agama Para Leluhur

Agama Para Leluhur

Oleh: Abrahami

Foto: Mata Kota

Satu Islam – Apapun “judul” agama para leluhur kita yang terdiri dari para raja, patih, kesatria bahkan waisyanya, “judul” agama mereka hanya dapat diklasifikasikan menjadi dua. Agama keadilan atau agama kezaliman, agama pengetahuan atau agama kebodohan, agama kesadaran atau agama kelalaian.

Sebagian mereka telah berkuasa dengan adil, sebagian mereka telah berkuasa dengan zalim. Sebagian mereka telah menepati janjinya sebagai manusia, sebagian lagi nengingkarinya.

Karakter sejarah adalah perulangan. Tokoh-tokoh yang hadir dalam setiap jenjang zaman memutar kisah yang sama. Selalu ada Firaun dan selalu ada musa, selalu ada Budha dan selalu ada devadatta.

Apalah arti sebuah nama kata Shakespere. Abdul dalam cerita aladin hanyalah seekor monyet, anda tidak dapat mengidentifikasi seseorang hanya berdasarkan namanya. Walaupun seluruh semesta ini makhluk hidupnya memakai nama dari kitab suci, selalu akan ada yang menjadi si zalim, selalu akan ada yang menjadi si adil.

Raja raja zaman dulu berziarah ketempat tempat suci, persis seperti kita saat ini. Namun seperti kita, mereka sebagian menjadi pejuang keadilan, dan sebagian lagi menjadi bromocorah.

Sejarah adalah kisah yang membuat kita belajar, bahwa hanya mereka yang menjaga kebeningan hatinya, menepati sumpahnya dan hidup di garis keadilan akan dikenang sepanjang masa.

About Abu Nisrina

Check Also

Spirit Lokalitas dan Perjuangan Kemerdekaan

Oleh: Surahmat Tiro Satu Islam – Perjuangan kemerdekaan tak melulu soal Soekarno dan Hatta. Meski …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *