Home / Nasional / Presiden Jangan Segan Tembak Pesawat Malaysia Pelanggar Batas

Presiden Jangan Segan Tembak Pesawat Malaysia Pelanggar Batas

presiden-jangan-segan-tembak-pesawat-malaysia-pelanggar-batas
Presiden Jokowi hadiri latihan TNI AD di Baturaja. – Foto: Setpres RI

Satu Islam, Jakarta – Anggota Komisi I DPR, Elnino M Husein Mohi minta agar Presiden Joko Widodo berikan perintah tembak pesawat Malaysia yang melintas di Indonesia secara ilegal. Baru-baru pesawat Negeri Jiran terdeteksi menerabas wilayah udara.

“Presiden mesti bicara dengan PM Malaysia bahwa kalau itu terus terjadi maka Indonesia tidak segan-segan untuk menembak pesawat pelanggar batas,” kata Elnino saat dihubungi, Jumat 19 Juni 2015.

Meskipun Panglima TNI merupakan kepanjangan tangan presiden. Namun tetap saja komando tertinggi ada di tangan Jokowi.

“Tapi keputusan untuk, misalnya menembak jatuh pesawat adalah keputusan panglima tertinggi, presiden. Panglima TNI adalah pelaksana di lapangan,” ungkapnya.

Oleh karenanya Politikus Partai Gerindra ini meminta ada keberanian dan ketegasan dari Jokowi.

“Kasus ini keputusannya ada di otak, hati, dan lidah presiden, bukan di Panglima TNI. Presiden yang wajib tegas. Jangan sampai publik berkesimpulan bahwa presiden hanya mengaku dan sok-sok tegas di masa kampanye tapi kenyataannya lembek,” keluhnya.

Sebelumnya kapal dan pesawat Malaysia kembali melanggar wilayah perairan Ambalat belum lama ini. Diketahui ada sembilan pesawat sipil dan militer Malaysia melintasi wilayah udara Ambalat, Kalimantan Timur. Pelanggaran dilakukan berkali-kali walau petugas penjaga perbatasan Indonesia sudah memberikan peringatan.

Malaysia tidak hanya sering melakukan pelanggaran perbatasan di wilayah laut, bahkan juga pelanggaran lain seperti di udara sering terjadi, khususnya di perbatasan. merdeka.com

About Abu Nisrina

Check Also

Islam di Indonesia sangat Toleran, Dikagumi Dunia Luar…

Satu Islam, Jakarta – Ribuan warga Cirebon terlihat berbaur dengan warga pendatang dari luar daerah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *