Home / Nasional / Polda dan Polres Larang Ormas Lakukan Sweeping di Bulan Ramadhan

Polda dan Polres Larang Ormas Lakukan Sweeping di Bulan Ramadhan

ilustrasi

Satu Islam, Jakarta – Himbauan bagi organisasi kemasyarakatan (ormas) untuk tidak melakukan sweeping di bulan Ramadhan datang dari beberapa Polda dan Polres.

Di Jakarta, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono mengimbau ormas tak lakukan sweeping saat bulan Ramadan. Jika ditemukan pelanggaran, diimbau untuk melaporkannya ke pihak kepolisian.

“Untuk ormas yang melihat adanya pelanggaran silahkan laporan ke polisi. Nanti kami tindak lanjuti,” ujar Argo Yuwono di kantornya, Jumat 19 Mei 2017.

Langkah-langkah untuk menghindari sweeping ormas pun telah dilakukan dengan menghimbau kepada para pengelola untuk mematuhi ketentuan yang diatur dalam Perda Nomor 6 Tahun 2015 tentang penyelenggaraan usaha pariwisata hiburan malam, saat bulan Ramadhan.

“Kan ada Perda dan aturan pemerintah.”

Tak hanya itu, personel kepolisian juga akan di tempatkan di titik konsentrasi keramaian seperti, pusat perbelanjaan, masjid, pelabuhan, bandara dan pasar.

Di Yogyakarta, Kapolda DIY Brigadir Jenderal Polisi Ahmad Dofiri seusai acara ikrar anti-kekerasan SMA-SMK se-DIY di GOR Among Rogo, Yogyakarta, Kamis 18 Mei 2015 meminta ormas tidak main hakim sendiri.

“Tidak boleh mereka main hakim sendiri karena itu seluruhnya kewenangan dan tanggungjawab kami,” kata Dofiri.

Agar himbauan itu efektif, Polda DIY telah menggelar pertemuan dengan sejumlah Ormas di Yogyakarta untuk memberikan pemahaman mereka terkait kewenangan penanganan hiburan malam atau penjualan minuman keras saat Ramadhan.

“Sepekan menjelang Ramadhan akan kami kumpulkan Ormas-ormas kembali,” ujarnya.

Dofiri menegaskan, setiap ormas tidak memiliki hak atau kewenangan untuk melakukan sweeping atau tindakan paksa lainnya. “Kalau ada ‘sweeping’ tentu akan kami tindak tegas. Masyarakat atau ormas manapun tidak boleh melakukan itu,” katanya lagi.

Seandainya menemukan adanya pelanggaran atau penjualan minuman keras selama bulan suci Ramadhan, menurut dia, ormas-ormas tersebut dapat melaporkannya ke kantor kepolisian terdekat sebab Polda DIY.

Kapolrestabes Medan Kombes Sandi Nugraha melarang aktivitas sweeping oleh ormas maupun organisasi lain di kota Medan selama Ramadhan. “Tidak ada aturan yang memperbolehkan aksi sweeping sehingga kami minta seluruh lapisan masyarakat untuk taat aturan,” kata Sandi, Jumat 19 Mei 2017.

Sandi mengatakan, Pemerintah Kota Medan telah berkoordinasi dengan berbagai pihak, termasuk Polrestabes Medan, mengenai berbagai aturan untuk menghormati bulan suci Ramadhan. Salah satu di antaranya, yakni pengaturan waktu operasional tempat hiburan.

Polisi bakal menindak tegas bagi pelaku sweeping dan intoleransi selama bulan Ramadan di wilayah hukum Kota Batu. Polres Batu juga menjamin keamanan dan ketenangan jalannya ibadah suci umat muslim.

Kapolres Batu, AKBP Leonardus Simarmata menyatakan itu dalam agenda bertajuk Silaturahmi Pemuda Lintas Agama, dalam rangka Harkamtibmas menjelang Bulan Suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriah, di Rupatama Polres Batu., Kamis, 19 Mei 2017.

“Kami tidak mengijinkam ormas apapun melakukan sweeping. Dalam waktu dekat ditindaklanjuti pertemuan dengan pihak terkait,” kata pria akrab disapa Leo ini

Ia menambahkan, tidak dibenarkan sama sekali adanya adanya sweeping dan wujud anarkisme. Pihaknya menjamin betul keamanan dan kenyamanan ibadah puasa. “Kami tegaskan kembali, tidak ada toleransi bagi pelaku anarkisme,” sambung Leo.

Sikap ini ditegaskannya kembali, sebab NKRI menurutnya, lahir dari sebuah perbedaan. Tepatnya dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika. “Saya harap dengan pertemuan ini digagas sebuah forum silaturahmi dan komunikasi kepemudaan lintas agama. Agar kerukukunan dan toleransi terus terjaga,” pungkasnya.

 

 

About Abu Nisrina

Check Also

Wiranto: Tak Ada Rekonsiliasi dengan Rizieq

Satu Islam, Jakarta – Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto menanggapi enteng permintaan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *