Home / Nasional / Pers Tangkal Radikalisme Berbasis Agama

Pers Tangkal Radikalisme Berbasis Agama

Sosialisasi-Kerukunan-Umat-Beragama
Sihono (tengah) dan joko (kanan) saat memaparkan pandangannya – Foto: KRjogja

Satu Islam, Yogyakarta – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Yogyakarta Selasa 5 Mei 2015 menggelar Sosialisasi Kerukunan Umat Beragama.

Dalam forum ini hadir Ketua PWI Yogyakarta Sihono yang mengingatkan akan bahaya radikalisme berbasis agama. Menurutnya wartawan wajib mengingatkan akan bahaya paham kebencian, melalui pemberitaan.

“Di beberapa negara sudah muncul gerakan radikal berbasis agama. Itu berimbas ke kita, seperti yang hangat-hangatnya ISIS, yang menyebarkan paham kebencian, ini harus ditangkal,” tandasnya.

Sihono menjelaskan keberadaan paham radikal ‘memangsa’ Indonesia, sehingga mengancam kerukunan umat beragama yang saat ini sudah terjalin baik. Bahkan, membidik untuk mencari pengikut dari negara yang memiliki banyak penduduk miskin

“Masalah kesejahteraan harus diperhatikan betul. Pers harus mampu mendorong pemerintah daerah dan pusat harus serius menangani kemiskinan, karena ini menjadi ladang empuk untuk menyebarkan gerakan radikal,” ujarnya

Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Yogyakarta Joko Wicoyo selaku pembicara lain menerangkan, citra Yogya memang dinodai oleh beberapa kasus intoleransi umat beragama. Tidak hanya itu, banyak fenomena yang mengindikasikan adanya intoleransi, seperti banyak kos-kosan yang mengkhususkan untuk agama tertentu.(KRjogja)

About Abu Nisrina

Check Also

Maarif Institute Dukung Langkah Tegas Polri Redam Intoleransi

Satu Islam, Jakarta – Langkah tegas Polri memproses hukum semua laporan kasus yang mengancam sendi-sendi …