Home / Nasional / Pemuda Masjid Ambon Bantu Amankan Natal

Pemuda Masjid Ambon Bantu Amankan Natal

20131224_204339_pemuda-masjid-jaga-gerejaSatu Islam, Ambon – Kesadaran menjaga lingkungan yang aman demi terciptanya lingkungan yang kondusif bagi bangsa majemuk dengan latar belakang berbagai keyakinan dilakukan Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Wilayah Maluku.

Saat umat nasrani merayakan Natal, organisasi pemuda Islam membantu melakukan penjagaan dan pengamanan gereja di Ambon dengan mengerahkan 100 orang.

“Besok 100 anggota remaja masjid juga akan terlibat mengamankan sejumlah gereja yang ada di Kota Ambon bersama-sama dengan aparat keamanan,” ungkap Ketua BKPRMI wilayah Maluku Zulkifli Lestaluhu kepada Kompas.com di Ambon, Selasa 24 Desember 2013.

Zulkifli mengaku BKPRMI Maluku dalam melakukan pengamanan gereja-gereja di Ambon sejak tahun 2010 silam. Menurutnya, disamping karena spirit toleransi sesame umat beragama,  hal tersebut dilakukan juga untuk menjaga kenyamanan jemaat umat Kristiani saat menjalankan ibadah saat merayakan Natal.

“Pengamanan seperti ini sudah dilakukan sejak tahun 2010 lalu. Ini dilakukan untuk menciptakan rasa saling percaya dan memupuk toleransi di antara kita, dan ini upaya kita untuk menjaga Maluku yang lebih baik lagi ke depan,” jelasnya.

Dia mengungkapkan, pengamanan terhadap gereja saat Natal nanti hanya dilakukan di Kota Ambon. Menurutnya, anggotanya yang akan mengamankan gereja di Ambon semuanya akan berpakaian islami.

“Seluruh anggota remaja masjid yang ikut mengamankan gereja semuanya berpakaian nuansa islami. Jadi, semuanya akan memakai kopiah putih dan juga baju koko,” ujarnya.

Dia mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan sejumlah pimpinan gereja yang ada di Ambon, dan besok sebelum dilakukan ibadah Natal, anggota remaja masjid telah disebar di sejumlah gereja yang telah ditetapkan untuk dijaga.

“Kita akan menjaga sebelum proses ibadah dimulai. Dan gereja yang akan kita jaga seperti di Gereja Maranatha, Gereja Silo, Gereja Katedral, dan sejumlah gereja lainnya,” katanya

GP Ansor Terjunkan 1.000 Banser

Perayaan natal umat Kristiani  juga dibantu keamananya oleh Gerakan Pemuda Ansor dengan menerjunkan 1.000 anggotanya di gereja di wilayah Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi).

Tb Ace Hasan Syadzily, Ketua PP Ansor, mengatakan pihaknya akan mengamankan 78 gereja yang tersebar di Jabodetabek.

“Gereja-gereja itu minta kepada Ansor untuk dijaga, lalu kita kerahkan anggota kita,” kata Ace di Jakarta, Selasa (24/12/2013).

Sebanyak 30 anggota Ansor menjaga satu gereja. Mereka akan berkoordinasi dengan kepolisian setempat untuk pengamanan natal.  “Total kita terjunkan 1.000 anggota banser,” katanya.

Selain Jabodetabek, GP Ansor juga menerjunkan 5.000 anggota di Jawa Barat, 10.000 anggota di Jawa Tengah, 25.000 di Jawa Timur, 500 anggota di Sulawesi Utara, 500 anggota di Sulawesi Tengah.

Ia mengatakan pihaknya melakukan pengamanan natal di gereja untuk menunjukkan kepada publik dalam membangun kerukunan umat beragama.

“Kita ingin menunjukkan edukasi kepada masyarakat tentang bagaimana Umat Islam toleran terhadap Umat Kristiani. Kalau umat Islam direpresentasikan dengan Banser. Dan Banser ditengah-tengah merek. Maka mereka merasa menjadi bagian warga negara Indonesia,” ungkapnya. (ET)

Sumber : Tribun

About Abu Nisrina

Check Also

Mahasiswa Purwokerto Pendukung HTI Tuding Jokowi Otoriter

Satu Islam, Purwokerto – Mahasiswa muslim yang tergabung KAMMI menggelar demo di depan kampus Universitas …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *