Home / Nasional / MUI Nilai Menag Berhasil Menyelaraskan Islam di Indonesia

MUI Nilai Menag Berhasil Menyelaraskan Islam di Indonesia

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin – Foto: Antara

Satu Islam, Jakarta – Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI), KH Ma’ruf Amin, mengapresiasi Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin, yang telah berhasil melakukan upaya penyelarasan umat Islam di Indonesia.

“Saya ingin menyampaikan terima kasih kepada Menteri Agama, karena berhasil melakukan penyelarasan terhadap umat islam di Indonesia,” ujarnya, di Kementerian Agama, Jakarta, Selasa 16 Juni 2015.

Penyelarasan itu, kata KH Ma’ruf, berupa persamaan persepsi antara warga Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama (NU) dalam hal melihat posisi hilal dan penentuan hari pertama puasa.

“Dan seluruh perhitungan hilal ini, sekarang sebenarnya telah sama. Kalau ada penjelasan kenapa di luar negeri itu bisa satu, karena pemerintahnya memaksa,” tambahnya.

Di Indonesia, ungkap Ma’ruf, pemerintah melakukan pendekatan pada persepsi melihat hilal dilakukan dengan tanpa adanya paksaan.

Menurutnya, tidak berhasilnya pemerintah Indonesia beberapa tahun terakhir menyamakan persepsi tentang datangnya bulan Ramadan, lantaran dilakukan dengan pendekatan kesukarelaan.

“Saya kira permasalahan ini telah selesai. Masak dalam tenggang waktu lima tahun masalah ini tidak selesai?,” pungkasnya.

About Abu Nisrina

Check Also

GP Ansor dan IPNU Banjar Siap Kawal Implementasi Perppu Keormasan

Satu Islam, Banjar – Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 2 Tahun 2017 tentang Organisasi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *