Home / Nasional / Khofifah: Bangun Revolusi Karakter dan Restorasi Sosial Dengan Pancasila

Khofifah: Bangun Revolusi Karakter dan Restorasi Sosial Dengan Pancasila

0
Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa pada pembukaan Rapat Koordinasi Nasional dari Kementerian Sosial dengan agenda Verifikasi dan Validasi Data Kemiskinan 2015 di Jakarta, Selasa 14 April 2015. Doc: Kompas

Satu Islam, Jakarta – Seperti yang termaktub dalam agenda prioritas pemerintahan atau Nawacita poin ke-8 tentang revolusi karakter bangsa dan poin ke-9 tentang restorasi sosial, Kementerian Sosial memprakarsai perwujudan agenda tersebut dengan mengadakan sosialisasi pembangunan kepedulian sosial.

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa dalam pembukaan Rapat Koordinasi Nasional dari Kementerian Sosial dengan agenda Verifikasi dan Validasi Data Kemiskinan 2015, Selasa 14 April 2015, mengajak seluruh masyarakat untuk membangun kepedulian sosial. Kepedulian tersebut, jelas Khofifah, setidaknya ditunjukkan dengan lima jari.

“Lima jari kita yang menggambarkan Pancasila: ujung jari pertama menunjukkan bahwa warga Indonesia, melalui jari-jarinya akan memberi santunan, tolong-menolong, dan bergandengan tangan. Intinya, masing-masing jari memiliki nilai efektif tersendiri,” ujar Khofifah.

“Lalu, melalui mulut, warga Indonesia akan memberikan sapaan yang santun, jujur, dan penuh empati. Itulah yang sekarang ingin disosialisasikan. Launching-nya tanggal 20 Mei nanti, bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional,” tambahnya.

Pada peluncuran tersebut, Khofifah menjelaskan, akan ada Kemah Bakti Pemuda untuk membangun solidaritas bahwa pemuda adalah potensi efektif bangsa. Banyak nilai-nilai bisa ditunjukkan oleh semua panca indera warga bangsa yang merupakan kumpulan nilai positif dari seluruh energi bangsa sehingga melahirkan kepedulian sosial.

“Inilah yang ingin kita bangun, sebagai breakdown dari revolusi karakter dan restorasi sosial,” jelas Khofifah.

 

About Sarah

Lifetime learner, wanderlust, lover

Check Also

Belasan Ormas Jatim Bergabung Bentuk Forum Kebangsaan

Satu Islam, Surabaya – Belasan organisasi masyarakat (Ormas) di Jawa Timur bergabung bersama membentuk Forum …