Home / Nasional / ISIS Adalah Bungkus Radikalisme Lama Seperti JI dan JAT

ISIS Adalah Bungkus Radikalisme Lama Seperti JI dan JAT

ISIS-di-Kursi
Ilustrasi

Satu Islam, Jakarta – Propaganda kelompok radikalisme seperti Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) dan ormas yang di Indonesia yang berafiliasi dengan Front al-Nusra harus dihadapi dengan pemahaman tentang ideologi bangsa dan agama Islam yang benar.

Hal tersebut, harus dilakukan secara terus-menerus melalui berbagai lembaga dan unsur masyarakat, melalui teknologi, khususnya media internet.

“Sebenarnya ISIS tidak memiliki jaringan tertentu di Indonesia, mereka hanya punya ideologi dan memegang kunci negara Islam dan hijrah. Kunci itulah yang dijadikan senjata untuk menarik pengikut untuk hijrah ke suatu negara, dimana kaidah-kaidah hukum Islam dilakukan. Padahal itu semua tidak benar,” papar Ketua Kajian Islam dan Timur Tengah UI Muhammad Lutfi usai dalam Seminar Nasional “Radikalisme Agama Dalam Persepktif Global dan Nasional” di Auditorium Harun Nasution, UIN Syarif Hidayatullah, Ciputat, Tangerang Selatan Kamis 11 Juni 2015.

Direktur Deradikalisasi Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Irfan Idris mengungkapkan ISIS adalah chasing (bungkus) baru dari gerakan-gerakan radikalisme terdahulu seperti JI, JAT, dan lain-lain

About Abu Nisrina

Check Also

Komnas HAM Sebut Kasus Ahamdiyah adalah Pelanggaran HAM

Satu Islam, Jakarta – Komnas HAM melalui Imdadun Rahmat menegaskan, Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *