Home / Nasional / Inilah Visi Misi Jokowi-Jusuf Kalla yang Diterbitkan KPU

Inilah Visi Misi Jokowi-Jusuf Kalla yang Diterbitkan KPU

17120560000000080780x390
FOTO : TRIBUNNEWS/DANY PERMANA

 

Satu Islam, Jakarta – Teka-teki siapa cawapres pendamping Jokowi sudah terjawab. Dia adalah Jusuf Kalla atau JK. Bertempat di Gedung Joang 45 deklarasi pasangan capres-cawapres yang diusung PDIP, Nasdem, PKB, dan Hanura dilaksanakan. “Mau ke Gedung Joang,” ucap JK di rumahnya, kawasan Dharmawangsa, Jakarta Selatan, seperti ditayangkan Metro TV, Senin 19 Mei 2014.

Hari itu juga, pasangan Joko Widodo dan Jusuf Kalla, telah resmi mendaftar sebagai bakal capres dan cawapres pada pilpres 2014, dengan menyerahkan sejumlah dokumen persyaratan. Di antaranya adalah dokumen visi misi sebagai pasangan capres dan cawapres.

Berdasarkan dokumen yang dipublikasikan KPU di laman www.kpu.go.id, pasangan Jokowi-JK mengusung visi bertema “Terwujudnya Indonesia yang Berdaulat, Mandiri, dan Berkepribadian Berlandaskan Gotong Royong”.

Di dalam dokumen visi misi yang diterbitkan oleh KPU itu, pasangan Jokowi-JK memaparkan landasan konstitusinya.

“Pembukaan UUD 1945 dengan jelas mengamanatkan arah dan tujuan nasional dari pembentukan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) untuk melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial”. Tulis di dalam dokumen itu

Pasangan Jokowi-JK di dalam dokumen itu juga memaparkan tiga problem pokok bangsa. Yaitu: 1. Merosotnya kewibawaan negara, 2. Melemahnya sendi-sendi perekonomian nasional dan 4. Merebaknya intoleransi dan krisis kepribadian bangsa.

Lalu ditegaskan pula peneguhan kembali jalan ideologi sebagai pandauan, yaitu Pancasila 1 Juni dan Trisakti yang yang menjadi basis sekaligus arah perubahan yang berdasarkan pada mandat konstitusi, yang terdiri dari : 1. Kedaulatan Politik, 2. Berdikari dalam Ekonomi, 3. Kepribadian dalam kebudayaan.

Adapun misi pasangan yang dijagokan Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan, Partai Nasdem, Partai Kebangkitan Bangsa, dan Partai Hati Nurani Rakyat itu adalah:

1. Mewujudkan keamanan nasional yang mampu menjaga kedaulatan wilayah, menopang kemandirian ekonomi dengan mengamankan sumberdaya maritim, dan mencerminkan kepribadian Indonesia sebagai negara kepulauan.
2. Mewujudkan masyarakat maju, berkeseimbangan dan demokratis berlandaskan negara hukum.
3. Mewujudkan politik luar negeri bebas-aktif dan memperkuat jati diri sebagai negara maritim.
4. Mewujudkan kualitas hidup manusia Indonesia yang tinggi, maju dan sejahtera.
5. Mewujudkan bangsa yang berdaya-saing.
6. Mewujudkan Indonesia menjadi negara maritim yang mandiri, maju, kuat dan berbasiskan kepentingan nasional.
7. Mewujudkan masyarakat yang berkperibadian dalam kebudayaan.

Kami menawarkan solusi untuk membawa kehidupan bangsa ke arah yang lebih baik dengan menggerakkan semangat gotong royong demi terwujudnya Indonesia yang berdaulat di bidang politik, mandiri di bidang ekonomi serta kepribadian dalam kebudayaan.

Kami menawarkan 12 agenda strategis dalam mewujudkan Indonesia yang berdaulat di bidang politik, 16 agenda strategis untuk menuju Indonesia yang berdikari dalam bidang ekonomi dan 3 agenda strategis untuk Indonesia berkepribadian dalam kebudayaan. Dari 31 agenda itu diperas lagi menjadi 9 agenda prioritas dalam pemerintahan ke depan.

Sembilan Agenda Prioritas (disebut Nawa Cita):
1. Kami akan menghadirkan kembali negara untuk melindungi segenap bangsa dan memberikan rasa aman pada seluruh warga negara.
2. Kami akan membuat pemerintah tidak absen dengan membangun tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, demokratis, dan terpercaya.
3. Kami akan membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daaerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan.
4. Kami akan menolak negara lemah dengan melakukan reformasi sistem dan penegakan hukum yang bebas korupsi, bermartabat dan terpercya.
5. Kami akan meningkatkankualitas hidup manusia Indonesia.
6. Kami akan meningkatkan produktivitas rakyat dan daya saing di pasar internasional
7. Kami akan mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor-sektor strategis ekonomi domestik.
8. Kami akan melakukan revolusi karakter bangsa
9. Kami akan memperteguh ke-bhineka-an dan memperkuat restorasi sosial Indonesia(sa-lam)

About Abu Nisrina

Check Also

Ibu-ibu Sasaran Empuk Berita Hoax

Satu Islam, Surabaya – Maraknya informasi hoax yang beredar melalui berbagai media sosial (medsos) patut …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *