Home / Nasional / Hasil Muktamar NU Rekomendasi Mendamaikan Timur Tengah

Hasil Muktamar NU Rekomendasi Mendamaikan Timur Tengah

Lirboyo-Pilgub-Jatim
Calon Wakil Gubernur Jawa Timur, Saefullah Yusuf atau Gus Ipul (berkopyah hitam), bersama-sama pengasuh Pesantren Lirboyo saat menghadiri apel akbar dan halal bihalal pendekar Pagar Nusa Jawa Timur di Aula Muktamar pesantren Lirboyo, Senin 19 Agustus 2013 – Foto: Kompas

Satu Islam, Jakarta – Pelaksanaan Muktamar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) yang akan digelar pada 1-5 Agustus mendatang di Kabupaten Jombang, Jawa Timur, diharapkan dapat menghasilkan sebuah rekomendasi untuk ikut terlibat aktif dalam mendamaikan konflik di sejumlah negara Timur Tengah.

“Pelaksanaan muktamar ini harus memiliki implikasi terhadap kondisi dan situasi bangsa ini. Saiki, negara di Timur Tengah gegeran (Sekarang negara di Timur Tengah tengah berkonflik), bagaimana NU ikut mendinginkan di Timur Tengah, sekaligus memperkuat kondisi keamanan di dalam negeri, inilah target dari pelaksanaan muktamar,” jelas Wakil Gubernur Jawa Timur Syaifullah Yusuf saat berkunjung ke Jember, Jawa Timur, Selasa 28 April 2015.

Lanjut Gus Ipul sapaan akrab Syaifullah Yusuf, siapapun yang terpilih sebagai ketua umum PBNU diharapkan dapat menyejukkan umat serta dapat terus menjaga ketenangan bangsa. “Saya yakin semuanya bisa,” ucapnya.

Terkait persiapan Muktamar PBNU, saat ini, kata Gus Ipul, sudah mencapai 75 persen.

“Insyallah akan berjalan sesuai jadwal, dan hari ini kita mulai sosialisasi kepada masyarakat umum. Dimulai dari Kabupaten Banyuwangi, kemudian dilanjut di Pasuruan, Tulungagung, Tuban, Nganjuk, dan Pamekasan.

“Ada sembilan titik kegiatan sosialisasi pelaksanaan muktamar, dan akan kita mulai di Kabupaten Banyuwangi malam ini,” katanya.

Pelaksanaan Muktamar PBNU akan digelar di Kabupaten Jombang di lima tempat, yakni alun- alun kota, Pondok Pesantren Tebu Ireng, Darul Ulum Peterongan, Tambak Beras, dan Mambaul Maarif.(Kompas)

About Abu Nisrina

Check Also

Mahasiswa Purwokerto Pendukung HTI Tuding Jokowi Otoriter

Satu Islam, Purwokerto – Mahasiswa muslim yang tergabung KAMMI menggelar demo di depan kampus Universitas …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *