Home / Nasional / Gaungkan Pancasila, Tangkal Ekstremis

Gaungkan Pancasila, Tangkal Ekstremis

panSatu Islam- Ketua MWCNU Kecamatan Jatiasih, H Madinah konsen soal upaya penanggulangan paham ekstremis di wilayahnya. Untuk membendung paham ekstremis dia berencana membentuk Desa Binaan Keluarga Sakinah (DBKS). Selain mencegah gerakal radikal, DBKS juga bisa mencipatkan kerukunan dalam masyarakat dan keluarga.

Pihaknya menegaskan keluarga merupakan pondasi dari masyarakat. Sehingga perlu ditata dengan baik untuk menciptakan masyarakat yang madani.

”Basis pembentukan karakter masyarakat itu berada di keluarga. Jika lingkup keluarga saja sudah tidak tertata, bagaimana dengan masyarkatnya,” paparnya.

Jelas Madinah, nantinya setiap daerah ada pembinaan oleh Tim Pokja, yang selalu memberikan pengarahan kepada keluarga agar terhindar dari pengaruh paham radikal seperti ISIS.
Menurut Madinah dengan adanya DBKS ini pengaruh-pengaruh negatif yang dapat dicegah. Terutama penyebaran paham radikal seperti ISIS yang saat ini bisa masuk dari celah manapun termasuk keluarga.

“Terlebih bagi generasi muda, jika penguatan karakter yang positif sudah ditanamkan dalam keluarga, maka paham-paham radikal yang saat ini ramai dibicarakan dapat ditepis. Sehingga paham tersebut tidak akan membesar di tengah masyarakat,” ungkapnya.

Selain itu, guna menangkal paham atau ideologi radikalisme dan kekerasan agar tak berkembang luas, seharusnya penanaman nilai-nilai luhur Pancasila lebih digiatkan lagi di sekolah maupun kehidupan bermasyarakat. Selain itu, kata dia, peningkatan kesejahteraan juga penting dilakukan.

Menurutnya, gerakan radikal yang saat ini berkembang disebabkan banyak faktor. Karena itu, solusinya juga dengan pendekatan multidisiplin.

“Solusi yang bisa dilakukan dengan menggiatkan lagi penanaman nilai-nilai Pancasila. Apalagi, Indonesia memiliki ideologi yang cukup bagus, yakni Pancasila, sehingga penguatan nilai luhur bangsa ini sangat penting,” tandasnya.

Generasi muda, seperti anak sekolah dan mahasiswa menjadi sasaran berkembangnya paham radikal karena kejiwaannya yang masih labil. Sehingga penguatan nilai-nilai luhur Pancasila harus dilakukan berkelanjutan.

About Sarah

Lifetime learner, wanderlust, lover

Check Also

Mau Ubah Pancasila? Hadapi Dulu NU!

Satu Islam, Sumedang – PCNU Sumedang menyatakan sikap, bagi siapa saja yang mencoba ingin mengubah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *