Home / Nasional / Era Lukman Hakim Muhammadiyah Putuskan Turut Sidang Isbat

Era Lukman Hakim Muhammadiyah Putuskan Turut Sidang Isbat

din-syamsuddin-sidang-isbat
Din Syamsuddin – Foto: Antara

Satu Islam, Jakarta – Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah, Din Syamsudin mengatakan, Muhammadiyah kini kembali turut dalam sidang Isbat, karena merasa tak lagi ada politisasi dalam sidang tersebut.

Muhammadiyah pada saat Menteri Agama (menag) Suryadharma Ali, kata dia, memang beberapa kali mengirimkan surat tidak akan hadir karena ada hal yang tidak bisa mereka terima.

“Muhammadiyah dari awal ada rapat Isbat selalu ikut, kecuali pada satu masa dua atau tiga tahun lalu, saat pak Suryadharma Ali menteri agama, Muhammadiyah mengirim surat untuk tidak ikut karena dalam pandangan Muhammadiyah waktu itu ada politisasi. Satu, ada pemanfaatan pakar yang secara kultural menjelek-jelekkan Muhammadiyah, enggak usah saya sebut,” kata Din Syamsuddin di kompleks Kepresidenan, Jakarta, Selasa 16 Juni 2015.

Selain itu, pada saat menteri sebelum Lukman Hakim Syaefuddin itu, yang diundang ke sidang Isbat, menurut dia hanya orang-orang yang pandangannya segaris dengan Kementerian Agama saat itu. Kemudian saat disampaikan kepada pers seolah ada perdebatan dalam sidang, nyatanya menurut Din tidak begitu.

Namun Muhammadiyah akan kembali setelah Lukman Hakim datang langsung ke PP Muhammadiyah dan menyampaikan berbagai penjelasan. Oleh karena itu, sejak tahun lalu Muhammadiyah berpartisipasi kembali.

“Penentuan soal 1 Ramadhan 1 Syawal itu 100 tahun akan datang sudah bisa diprediksi karena gunakan ilmu falaq yang berbasis astronomi fisika matematika yang kami yakini hasilnya itu hampir dapat disebut pasti. Namanya ilmu pasti,” kata Din.

Oleh karena itu pada tahun ini penentuan jatuhnya awal Ramadhan dan hari Idul Fitri kata Din diperkirakan bakal sama.

“Insya Allah Idul Fitri 17 Juli Muhammadiyah sudah tetapkan. Tahun depan kita sudah bisa pastikan sama halnya dengan pastikan jam berapa Maghrib hari ini, besok,” lanjutnya soal tanggal Idul Fitri.

About Abu Nisrina

Check Also

GP Ansor dan IPNU Banjar Siap Kawal Implementasi Perppu Keormasan

Satu Islam, Banjar – Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 2 Tahun 2017 tentang Organisasi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *