Home / Nasional / Dubes Inggris Berpuasa di Indonesia

Dubes Inggris Berpuasa di Indonesia

dubes-inggris-untuk-indonesia
Dubes Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik – Foto: Metrotvnews.com

Satu Islam, Jakarta – Duta Besar Inggris untuk Indonesia, ASEAN dan Timor Leste, Moazzam Malik menantikan saat pertama kali dirinya merasakan puasa di Tanah Air. Dia membandingkan puasa di Inggris yang waktunya mencapai 19 jam.

“Betul ini pertama kali saya akan berpuasa di Indonesia. Tapi saya juga mengalami puasa di mana-mana. Mungkin puasa di Indonesia lebih mudah dibandingkan Inggris, karena waktunya di sini pendek dibandingkan Inggris,”ujar Dubes Moazzam Malik, di perayaan ulang tahun Ratu Elizabeth, di Shangrilla, Jakarta, Senin 15 Juni 2015.

“Saya senang menikmati dalam suasana yang beragama Islam, dalam suasana banyak orang yang berpuasa. Jadi mungkin ini pengalaman yang beda untuk saya. Saya senang dan menantikannya,” lanjutnya.

Dubes Malik menggambarkan lamanya waktu puas di Inggris. “Karena ini musim panas, di Inggris kalau puasa hampir 19 jam. mulai Pukul 3.00 pagi dan selesai setengah 10 malam, waktu Isya pukul 11.30 malam. Jadi beristirahat jam 12 hingga jam 1 kemudian bangun untuk sahur”.

Di Indonesia, pada saat lebaran atau Idul Fitri ada tradisi mudik dari warganya. Dubes Malik pun mengatakan tahun ini dia pun akan mudik.

“Saya pasti akan mudik, tapi mudik saya ke Inggris. Saya  akan mudik untuk lebaran.  Saya sudah pesan tiket, saya dengar harus pesan lebih cepat, kalau tidak, akan sulit,” tuturnya.

Selama di London, Dubes Malik akan merayakan lebaran dengan keluarganya yang masih berada di sana. Ini menjadi inti mudik Dubes Malik ke negaranya.

Dubes Moazzam Malik adalah Duta Besar Inggris untuk Indonesia pertama yang seorang Muslim. Selain itu, dirinya pun fasih berbahasa Indonesia, setelah belajar memahami Bahasa Indonesia di Yogyakarta.

About Abu Nisrina

Check Also

Mau Ubah Pancasila? Hadapi Dulu NU!

Satu Islam, Sumedang – PCNU Sumedang menyatakan sikap, bagi siapa saja yang mencoba ingin mengubah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *