Home / Nasional / Bachtiar Nasir: Sudut Pandang HAM Satu Mata, Seperti Dajjal

Bachtiar Nasir: Sudut Pandang HAM Satu Mata, Seperti Dajjal

sekjen-majelis-intelektual-ulama-muda-indonesia-miumi-ustaz-_150206131951-667
Sekjen Majelis Intelektual & Ulama Muda Indonesia (MIUMI) Ustaz Bachtiar Nasir.

Satu Islam, Jakarta – Sekretaris Jenderal Majelis Intelektual dan Ulama Muda Indonesia (MIUMI), Ustadz Bachtiar Nasir menilai, pendekatan hak asasi manusia (HAM) tidak efektif dalam mengatasi persoalan kelompok-kelompok aliran sesat yang merugikan Islam. Misalnya, dalam menghadapi Syiah atau Ahmadiyah, yang mengaku bagian dari Islam.

“Selama ini, sudut pandang HAM hanya memakai satu mata saja, seperti Dajjal. Yakni, minoritas pokoknya jangan didiskreditkan. Tidak peduli, bila minoritas ini mengacau,” kata Bachtiar Nasir saat ditemui Republika di Jakarta, Kamis 5 Februari 2015.

Adapun pendekatan Islam, menurut Bachtiar, lebih menempatkan persoalan tersebut secara proporsional. Sebab, ada prinsip seperti lakum diinukum waliyadiin. Yakni, semua kelompok dijamin hak hidupnya.

“Jangan seperti sekarang. Mentang-mentang dijamin, merusaklah. Pakai nama Islam, agama yang diyakini banyak orang selain mereka. Ini kan menyakitkan namanya,” ujarnya.

Karenanya, dalam pandangannya, cara pandang Islam lebih baik ketimbang cara pandang demokrasi. Sebab, yang diutamakan keadilan, bukan melabelkan status mayoritas sebagai penindas dan minoritas sebagai yang tertindas.

“Cara pandang demokrasi ini buta sebelah matanya,” ujar Ustaz Bachtiar.(ROL)

About Abu Nisrina

Check Also

Komnas HAM Sebut Kasus Ahamdiyah adalah Pelanggaran HAM

Satu Islam, Jakarta – Komnas HAM melalui Imdadun Rahmat menegaskan, Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *