Home / Nasional / Apa saja yang Dilakukan Pemerintah Selalu ‘Digoreng’ Politisi

Apa saja yang Dilakukan Pemerintah Selalu ‘Digoreng’ Politisi

Satu Islam, Jakarta – Ketua Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Jimly Asshiddiqie menegaskan tentang sikap lembaganya. Menurutnya, ICMI tetap dalam koridornya sebagai organisasi independen, bukan bagian dari pemerintahan yang sedang berkuasa saat ini.

“Organisasi ini tidak masuk dalam pemerintahan,” ujar Jimly, di sela-sela konferensi pers, mengenai sikap ICMI terhadap fenomena aktual terkini (Perppu Ormas, Dana Haji, Radikalisme, Ekonomi Politik), di kantornya Jalan Proklamasi, Jakarta Pusat, 9 Agustus 2017.

Jimly mengakui, ada beberapa kebijakan pemerintah yang mereka dukung, namun ada juga yang dikritisinya. Misal dalam hal penerapan UU Pemilu dengan ambang batas pencalonan presiden atau presidential threshold 20 persen. Menurutnya, sejak awal ICMI cukup kritis.

”Ambang batas pencalonan itu akan lebih baik jika rendah dan bukan ditinggikan hingga 20 persen. Idealnya dalam pilpres tidak usah memakai threshold karena dapat merusak tatanan pluralitas kebangsaan. Apabila ingin tetap menggunakan treshold, maka targetnya jangan terlalu tinggi,” katanya.

Soal Perppu Nomor 2 Tahun 2017 atau Perppu Ormas, pihaknya tidak menolak. Bahkan dalam hal keberanian pemerintah membubarkan organisasi Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) dirinya mendukung. Menurutnya, ajaran HTI memang sudah menyimpang dari Pancasila. “Untuk yang satu ini kami setuju dengan pemerintah. Ajaran HTI yang menyimpang dari Pancasila memang tidak boleh dibiarkan,”

Namun, ia mengaku heran dengan munculnya perdebatan terkait rencana pemerintah menginvestasikan dana haji ke proyek pembangunan infrastruktur.

Pasalnya, rencana pengelolaan dana haji sudah ditetapkan sejak penerbitan Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Keuangan Haji dan pembentukan Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH).

“Jadi diskusi yang sekarang beredar ini telat. Seharusnya tahun lalu diperdebatkan. Dan ini semua sudah didiskusikan di DPR. Jadi saya rasa ini hanya respons politisi saja. Sekarang ini soal dana haji itu ‘digoreng’. Apa saja yang dilakukan pemerintah kan selalu ‘digoreng’,” ujarnya.

About Abu Nisrina

Check Also

Saat Salat Jumat, Polwan Polres Bekasi Gantikan Peran Polki

Satu Islam, Bekasi – Setiap hari Jumat, Polisi Wanita (Polwan) anggota Polrestro Bekasi Kota, melakukan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *