Home / Nasional / Aher Khotbah Tiga Bahasa, Ajak Peserta KAA Merdekakan Palestina

Aher Khotbah Tiga Bahasa, Ajak Peserta KAA Merdekakan Palestina

AHERR
Ahmad Heryawan usai mengisi khutbah sholat Jumat di Masjid Raya Jawa Barat – Foto : Fokusjabar.com

Satu Islam, Jakarta – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) beserta sejumlah kepala negara dan delegasi peserta Konferensi Asia Afrika (KAA) ke-60 melaksanakan salat Jumat di Masjid Raya Bandung, Jumat 24 April 2015. Presiden Joko Widodo dan PM Malaysia tampak berjalan kaki dari Gedung Merdeka menuju masjid yang berjarak sekitar 800 meter.

Delegasi dan tamu Peringatan 60 Tahun Konferensi Asia Afrika (KAA) yang mengikuti salat Jumat, ada di antaranya Presiden Iran Hassan Rouhani.  Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menjadi khatib atau penceramah dalam salat Jumat kali ini.

Hal unik dilakukan pria yang akrab disapa Aher tersebut. Ia berceramah dalam tiga bahasa berbeda dengan isi ceramah yang sama. Pertama, ia ceramah dalam bahasa Indonesia, selanjutnya dilakukan dalam bahasa Inggris dan bahasa Arab.

Inti dari ceramahnya adalah mengajak seluruh negara yang jadi peserta peringatan KAA untuk mendorong kemerdekaan Palestina.

“Saat ini bangsa-bangsa di Asia dan Afrika telah mampu mengusir penjajah, kecuali Palestina yang masih berjuang untuk mendapatkan kemerdekaan. Kewajiban kita semua untuk mendorong perjuangan bangsa Palestina tersebut,” ujar Aher.

Selain mengajak memerdekakan Palestina, Aher mengajak seluruh negara Asia dan Afrika untuk saling membantu satu sama lain dalam berbagai aspek positif.

“Perkumpulan ini harus jadi tonggak baru lahirnya komitmen bersama untuk Asia Afrika yang maju, lebih baik, moderen, dan makmur,” katanya.

Aher pun mengingatkan agar seluruh negara di Asia dan Afrika bersatu. “Bangsa di Asia dan Afrika harus bersatu, tidak boleh terpecah belah,” pungkasnya.

Menurut Aher berkesempatan menjadi khatib salat Jumat dihadapan delegasi peserta KAA merupakan kesempatan yang belum tentu bisa didapatkan lagi.

“Ini momen bersejarah, terlebih belum tentu bisa lagi. Ini tentu menjadi kebanggan,” kata Aher usai Solat Jumat di Masjid Agung Bandung.

Lebih lanjut Aher mengaku senang bisa menyampaikan khutbahnya di hadapan para delegasi. Apalagi pesan yang disampaikan ada pesan perdamaian, kebersamaan dan keharmonisan Asi Afrika.

Lebih lanjut Aher mengatakan, Bandung patut berbangga menjadi lokasi peringatan KAA, di mana 60 tahun lalu semangat Bandung lahir di sini.

“Sekarang solidaritas bangsa Asia-Afrika terbentuk. Bangsa Asia Afrika bersama-sama tolong menolong bagaikan bangunan yang kokoh. Ini harus bersatu tidak boleh pecah belah, terlebih ini menimbulkan kekuatan,” kata Aher.

 

About Abu Nisrina

Check Also

Maarif Institute Dukung Langkah Tegas Polri Redam Intoleransi

Satu Islam, Jakarta – Langkah tegas Polri memproses hukum semua laporan kasus yang mengancam sendi-sendi …