Home / Nasional / Ada Patung Gus Dur di Jakarta

Ada Patung Gus Dur di Jakarta

ahok-resmikan-patung-gus-dur
Ahok resmikan patung Gus Dur masa kecil – Foto: Merdeka.com

Satu Islam, Jakarta – The Wahid Institute dan Komodo Dragon Foundation mendirikan patung Presiden RI ke-4 Abdurrahman Wahid ( Gus Dur) saat masih kecil. Patung tersebut ditempatkan di Taman Amir Hamzah, Pegangsaan, Menteng, Jakpus, atau tepat di depan kantor Wahid Institute, Sabtu 25 April 2015.

Menurut pendiri Komodo Dragon Foundation, Ron Mullers, anak-anak Indonesia pada dasarnya membutuhkan sosok yang bisa menginspirasi mereka. Gus Dur adalah orang yang tepat untuk itu. Atas dasar alasan itulah maka sosok Gus Dur dihadirkan melalui patung semasa kecilnya.

“Anak-anak Indonesia pada dasarnya membutuhkan sosok yang menginspirasi mereka. Oleh karena itu kami memilih Gus Dur yang dihadirkan dalam sebuah patung,” ungkap Ron di lokasi.

Ron mengatakan, alasan penempatan patung Gus Dur di Taman Amir Hamzah karena historis. Gus Dur dulunya sering bermain bola di tempat ini yang tak jauh dari rumah kediaman kakeknya, KH Hasyim Asyari yang kini menjadi kantor Wahid Institute.

Putri Gus Dur, Yenny Wahid menyambut baik gagasan ini. Yenny berharap, anak-anak muda tumbuh menjadi manusia biasa yang dewasa seperti Gus Dur cerdas dan berpikiran cinta damai.

“Keluarga menyambut baik inisiatif dari yayasan Komodo Dragon untuk membuat patung Gus Dur muda, apalagi diniatkan untuk menginspirasi anak muda agar tumbuh menjadi manusia dewasa yang cerdas dan berpikiran cinta damai,” ujar Yenny yang juga merupakan Direktur Wahid Institute.

Patung Gus Dur kecil yang sedang membaca buku ini terbuat dari perunggu dengan berat total 400 kg karya seniman instalasi Yani Mariani Sastranegara. Pembuatan patung Gus Dur kecil ini digagas pertama kali oleh Ron Mullers dan Dalton Tatonaka.

Agar terlihat proporsional, patung sengaja dibuat dengan tinggi 1,20 m di atas penyangga berbahan batu candi dari Muntilan setinggi 80 cm.

Patung itu kini telah diresmikan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok di Pegangsaan Timur, Jakarta Pusat, Sabtu, 25 April 2015. Ahok mengapresiasi pembuatan patung tersebut.

Menurut dia, patung itu bisa menginspirasi anak-anak untuk bersikap dan berbuat seperti Gus Dur yang berani, ngomong apa adanya dan berpikir merdeka. “Anak-anak berpikir bisa jadi presiden juga,” katanya.

Bahkan, ia berencana memasukan patung Gus Dur itu ke dalam situs wisata di Jakarta. Begitu juga dengan patung Obama di Taman Menteng. “Usaha bikin patung ini enggak akan sia-sia,” ucap mantan Bupati Belitung Timur ini.

Selain Ahok, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa dan mantan Juru Bicara Kepresiden era Gus Dur, Wimar Witoelar juga datang menyaksikan peresmian patung tersebut.

About Abu Nisrina

Check Also

Mahasiswa Purwokerto Pendukung HTI Tuding Jokowi Otoriter

Satu Islam, Purwokerto – Mahasiswa muslim yang tergabung KAMMI menggelar demo di depan kampus Universitas …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *