oleh

MUI Jember Belum Bisa Keluarkan Fatwa HTI

MUI Jember Belum Bisa Keluarkan Fatwa HTI
Hizbut Tahrir Indonesia

Satu Islam, Jember – Majelis Ulama Indonesia belum bisa mengeluarkan fatwa soal Hizbut Tahrir Indonesia karena belum melakukan klarifikasi terhadap pengurus ormas yang bercita-cita mendirikan khilafah tersebut. (Baca: Said Agil Minta HTI Dibubarkan)

Hal ini dikemukakan Ketua MUI Jember Abdul Halim Subahar, dalam pertemuan membahas HTI, di gedung DPRD Jember, Rabu 17 Mei 2016.

“MUI dalam menetapkan fatwa ada tiga mekanisme. Pertama, melakukan kajian teks. Ini sudah selesai dilakukan. Kedua, melakukan kajian konteks. Ini juga sudah. Ketiga, harus ada klarifikasi. Sebelum ada klarifikasi, MUI tidak bisa mengeluarkan fatwa,” katanya. (Baca: Ormas Banyumas Tuntut HTI Pasang Garuda Pancasila dan Bendera Merah Putih)

“Oleh karena itu, agar kajian MUI ini segera final, kami usul kepada pimpinan sekarang, agar HTI segera dihadirkan, apakah minggu depan atau bagaimana. MUI penting melakukan klarifikasi secara terbuka. MUI setiap melakukan klarifikasi memang secara terbuka, agar kita semua menyaksikan pandangan MUI terkait HTI,” kata Halim.

Ketua Komisi Fatwa MUI Jember Abdul Haris menambahkan, pentingnya pertemuan dengan HTI karena HTI mengacu pada tafsir Al Quran dan hadits Nabi Muhammad. (Baca: Syafi’i Maarif: Khilafah Tidak Memiliki Akar Pijakan Syar’i)

“Menurut saya, ini sangat ilmiah. Kalau seandainya konflik keagamaan didasarkan pada Al Quran dan al hadits akan ketahuan siapa yang akhirnya benar dan siapa yang salah. Kalau anda mengklaim negara khilafah itu benar, mana dalilnya? Ketika sudah menawarkan dalil, apakah dalil ini sudah bisa dipegang teguh atau tidak, keabsahannya bisa dipercaya atau tidak,” katanya. (Baca: Ketua GP Ansor: Tangkap Pemasang Spanduk Khilafah!)

Sumber: Inilah.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.