oleh

Menlu AS Kunjungi Saudi untuk Mendirikan Koalisi Anti Iran

Hasil gambar untuk menlu as ke saudi

Menlu AS Mike Pompeo mengumumkan pada Minggu (23/6) kemarin bahwa ia akan mengunjungi Arab Saudi dan Uni Emirat Arab untuk mendiskusikan pendirian koalisi global melawan Iran.

“Saya berangkat hari ini. Kunjungan pertama kami adalah Arab Saudi dan Uni Emirat Arab, dua sekutu besar di arena tantangan yang disajikan Iran […] dan bagaimana kita dapat membangun koalisi global, tidak hanya di seluruh negara-negara Teluk, tetapi di Asia dan di Eropa, yang memahami tantangan ini dan siap melawan negara sponsor teror terbesar di dunia,” katanya kepada wartawan sebelum penerbangan.

Sebelumnya, Pompeo berjanji untuk meningkatkan tekanan ekonomi dan diplomatik terhadap Iran sampai Teheran memilih solusi diplomasi daripada “kekerasan”.

Ketegangan antara Amerika Serikat dan Iran telah meningkat sejak Washington menarik diri dari perjanjian nuklir 2015 antara Teheran dan kekuatan dunia tahun lalu.

Hubungan AS-Iran semakin memburuk pasca kejadian serangan terhadap tanker minyak di Teluk Persia dan Teluk Oman. AS menyalahkan Iran atas serangan-serangan tersebut. Presiden Donald Trump pun memerintahkan kapal perang Mason untuk dikirim ke wilayah untuk menambah kehadiran militer Negeri Paman Sam di Timur Tengah.

Pompeo menekankan bahwa pemerintahan Trump tidak menginginkan perang. Demikian pula, Pemimpin Tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei, menegaskan bahwa negaranya tidak ingin berperang, tetapi mereka akan terus menolak kehadiran AS di wilayah dan melindungi kepentingannya.

Dalam beberapa tahun terakhir, AS dilaporkan berusaha membangun koalisi anti-Iran yang secara struktur menyerupai NATO. Pada bulan Januari lalu, Washington berupaya mendapatkan dukungan atas koalisi itu di Timur Tengah dengan mengirim Pompeo dan Penasihat Keamanan Nasional, John Bolton, untuk berdiskusi dengan para sekutu mereka di wilayah tersebut. (Lip islam/sputnik)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed