oleh

Mengunjungi Masjid ala Timur Tengah yang dibangun ‘Jin’

Dok : halomalang
Dok : halomalang

’Masjid Tiban adalah sebuah masjid di wilayah Turen, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Keberadaan masjid ini sempat menghebohkan warga. Tidak hanya karena bangunannya yang megah dan unik, tetapi juga desas-desus bahwa masjid ini dibuat oleh jin dalam semalam. Benarkah demikian?

Seperti yang dikutip dari laman itoday, selain disebut sebagai masjid jin, masjid ini juga disebut dengan julukan masjid Tiban. Karena masjid ini seolah-olah berdiri begitu saja di kawasan terpencil. Sementara warga di sekitarnya kebanyakan adalah golongan menengah ke bawah yang tampaknya tidak mungkin dapat membangun masjid yang semegah itu.

Letak masjid ini ada  di kompleks Pondok Pesantren Biharu Bahri’asali Fadlaailir Rahmah. Menarik untuk diketahui bahwa KH Achmad Bahru Mafdloludin Soleh, pemilik pondok, mengaku mendapatkan petunjuk pembangunan masjid ini setelah menjalani salat istikharah. Para santrilah yang membangun masjid ini sedikit demi sedikit tanpa melibatkan masyarakat luas. Itulah yang membuat masyarakat terkejut dan sebagian malah menganggap bahwa yang membangun masjid ini adalah pasukan jin.

Jika dlihat dari sisi bangunan pun, masjid ini tergolong unik. Pasalnya, kesan arsitektur Timur Tengah sangat lekat dengan masjid yang memiliki sembilan lantai ini.

Lebih spektakuler lagi jika pengunjung melihat isi dari Masjid Tiban ini. Ada berbagai satwa yang diletakkan di areal khusus. Ada pula toko suvenir hingga toko makanan ringan. Jika para pengunjung kecapekan mengelilingi masjid luas ini, pengunjung juga bisa memilih untuk ‘memakai jasa’ lift atau tangga seperti yang dilansir dari sportifone.

Setiap ruangan di masjid ini memiliki desain yang berbeda-beda. Alhasil para pengunjung akan dibuat takjub setiap memasuki ruangan baru. Sementara di bagian luar, ada sebuah pos yang warnanya oranye dan mengingatkan kita pada bangunan ala Cina. Di pos inilah kita meminta izin terlebih dahulu pada penjaga.

Kabar baiknya, seperti yang dilansir dari detik travel, para pengunjung masjid ini tidak dimintai pemungutan biaya apapun saat berkunjung.

Anda mungkin ‘kecewa’ karena sadar bahwa pembangun masjid ini adalah para santri, bukan tentara jin. Tapi, dengan keunikan asitektur masjid tersebut, dijamin Anda akan jauh lebih terpukau lagi kala berkunjung ke sana. (ZM)

Editor Syb

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed