oleh

Komunitas Muslim Irlandia Tingkatkan Kepedulian Islam

Dok :onislam.net
Dok :onislam.net

Satu Islam,Waterford – Sebuah komunitas Islami yang baru, didirikan di bagian tenggara Irlandia tepatnya di kota Waterford. Komunitas ini dinominasikan sebagai komunitas Islam terbaik di Irlandia untuk periode Desember 2013 , hal ini sebagai pengakuan atas upaya mereka menawarkan bantuan kepada siswa Muslim, mengumpulkan dana, dan meningkatkan kepedulian terhadap Islam.

“Secara keseluruhan selama seminggu, kegiatan berlangsung cukup berhasil selama ujian tengah semester berlangsung. Tujuan kami di awal adalah mencoba mengumpulkan sekitar € 1000, sehingga karena rahmat dan karunia Allah, kami mencapainya,” tandas Ahmed Mohmed, presiden Komunitas Muslim Waterford Institute of Technology ( WIT ).

“Tapi dalam Islam, segalanya tidak selalu tentang hasil, tetapi tentang niat dan tindakan yang memotivasinya.” ungkap Ahmed.

Didirikan pada bulan Mei 2013, untuk memfasilitasi siswa Muslim yang belajar di WIT, Komunitas Islam WIT kini telah tumbuh menjadi contoh yang sukses bagi organisasi Islam di Irlandia . Seperti yang diterjemahkan dan dikutip dari situs onislam.net

Sebelumnya pada bulan November, masyarakat mengadakan pekan amal pertama, yang berlangsung dari hari Senin sampai dengan Kamis bulan November lalu. Acara yang diselenggarakan atas kerjasama dengan Federasi Masyarakat Mahasiswa Islam (FOSIS), mengumpulkan lebih dari 1.700 € untuk membantu panti asuhan dan sekolah-sekolah di Palestina dan Suriah.

Selama seminggu , acara pertama diadakan di dua masjid, di Waterford dan masjid kampus, di mana masyarakat mengadakan event Penjualan Kue yang hasilnya akan disumbangkan oleh relawan untuk mengumpulkan dana setelah shalat Jumat .

Media sosial juga telah banyak dimanfaatkan dalam iklan minggu amal di kalangan mahasiswa .Petugas Humas Hala Cherbatji telah mem-posting sebuah iklan pada halaman facebook dan di sebuah grup yang berhubungan dengan perguruan tinggi manapun untuk mencari relawan dan mengingatkan para siswa tentang pekan amal mereka dan event yang lain.

Masyarakat juga meminta para imam masjid setempat untuk memberikan khotbah Jumat tentang beramal dan anak yatim dalam Islam dalam rangka meningkatkan kesadaran umat Islam lokal di luar perguruan tinggi tentang minggu amal.

Petugas publisitas Islam Ahmmed Al – fadhli, bendahara Bader Albadran dan wakil pengurus musholla Radi Alsaiari, terlibat dalam beberapa acara selama pekan amal.

Komunitas Islam juga menggelar pertandingan sepak bola antara anggota komunitas dan mahasiswa Erasmus yang ada di perguruan tinggi .

Acara penggalangan dana telah dikoordinasikan dengan Dr Mohammad Alhourani , imam Waterford Muslim Community , setelah shalat Jumat yang diadakan di Masjid Viewmount .

Federasi Komunitas Mahasiswa Islam ( FOSIS ) Irlandia memberikan gelar kepada WIT Komunitas Islam sebagai “Komunitas Islam Terbaik di Irlandia ” untuk bulan Desember karena event pekan amal yang mereka selenggarakan.(ZM)

Sumber : onislam.net

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed