oleh

Komandan Hashd Shaabi Irak Tolak Kehadiran Militer AS

Hadi al-Ameri, seorang komandan paramiliter Hashd al-Shaabi Irak, pada hari Sabtu (9/3) menyatakan penolakan tegas terhadap kehadiran militer AS di Irak, dan menyebut, kehadiran seperti itu memerlukan izin dari pemerintah Baghdad.

“Kami menentang kehadiran di darat (pasukan Amerika) atau pangkalan AS di Irak, “kata Ameri dalam sebuah wawancara dengan kantor berita Iran Tasnim di Irak.

Bahkan jika pasukan militer AS berniat untuk tinggal di Irak guna pelatihan atau program teknis, itu harus terjadi atas permintaan pemerintah Irak, dan setiap permintaan seperti itu dari Baghdad harus didiskusikan dan keputusan yang tepat dibuat tentang hal itu, katanya.

Ameri lebih lanjut memuji penasihat militer Iran yang menuurtnya telah membantu pasukan Irak dalam perang melawan kelompok teroris Daesh (ISIL).

Menunjuk perjalanan Presiden Iran Hassan Rouhani yang akan datang ke Irak, Ameri mengatakan Baghdad menyambut para pejabat asing, khususnya Iran, “yang mengunjungi negara Arab itu untuk mempromosikan kerja sama politik dan ekonomi.”

Atas undangan Baghdad, presiden Iran akan melakukan kunjungan resmi ke Irak pada hari Senin (11/3). [IT]

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed