Home / Nasional / Jokowi: Hubbul Wathan Minal Iman

Jokowi: Hubbul Wathan Minal Iman

Foto: publiknews.com

Satu Islam, Jakarta – Presiden Joko Widodo menghadiri peringatan Maulid Nabi yang digelar Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor di kantor PBNU Jalan Kramat Raya, No. 65A, Jakarta Pusat, Minggu 11 Desember 2016.

Ribuan pemuda NU serentak membaca shalawat ketika Presiden Joko Widodo menuju panggung utama. Jokowi yang mengenakan sarung coklat cerah saat itu didampingi Mensesneg Pratikno dan Menteri ESDM Ignasius Jonan.

Dikutip dari laman NU Onlie, Jokowi menyampaikan penghargaannya terhadap GP Ansor yang selama ini telah berperan aktif dalam menciptakan keharmonisan hidup berbangsa dan bernegara. Ia mendorong para pemuda NU untuk memperkokoh patriotisme dengan mengamalkan hubbul wathan minal iman (cinta tanah air sebagian dari iman).

Jokowi memotivasi para kader Ansor agar memiliki jiwa patriotik yang tinggi. Ia percaya bahwa kemajuan sebuah bangsa ada di tangan pemuda, khususnya pemuda Ansor.

Ketua Umum Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) H Yaqut Cholil Qoumas menegaskan bahwa NKRI adalah harga mati. Pancasila sebagai ideologi negara tak bisa diganggu gugat sehinggap siapapun yang mengancam NKRI tidak hanya berurusan dengan pemerintah, tapi juga para ulama Nahdlatul Ulama.

“Kami tidak akan membiarkan siapa pun mengancam NKRI karena Indonesia adalah martabat dan harga diri,” katanya di depan Presiden Joko Widodo, sejumlah kiai, dan ribuan kader GP Ansor.

Menurutnya, Indonesia adalah Negara yang dianugerahi prasyarat untuk hidup makmur dan keragaman yang dimilikinya merupakan kekayaan yang harus dijaga.

Hadir dalam acara peringatan Maulid Nabi Muhammad yang bertema “Indonesia dari Mata Bathin Kiai” ini antara lain, Wakil Rais ‘Aam PBNU KH Miftahul Akhyar, Katib ‘Aam PBNU KH Yahya Cholil Staquf; para Mustasyar PBNU Abuya Muhtadi Dimyathi, KH Dimyati Rois, TGH Turmudzi Badruddin; Rais Syuriyah PBNU KH Abdullah Kafabihi Mahrus, Katib Syuriyah PBNU KH Abdul Ghafur Maemun, pengasuh Pesantren Al-Aziziyah Jombang KH Abdul Aziz Masyhuri, dan kiai lainnya.

Sementara sejumlah pejabat negara yang turut mendampingi Jokowi antara lain Mensesneg Pratikno, Menteri ESDM Ignasius Jonan, Wakil Ketua MPR Oesman Sapta Odang, dan Kapolda Metro Jaya Irjen M Iriawan.

Check Also

Lelaki Pengancam Kiai Ponpes Al-Falah Meracau Saat Diperiksa

Satu Islam – Pasca pengancaman kepada Kiai dan masayikh pondok pesantren (ponpes) Al- Falah Ploso, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.