oleh

Jangan Membatasi Diri

konfusiusSatu Islam – Ran Qiu adalah seorang murid Konfusius. Suatu hari ia berkata kepada Konfusius, “Saya bukannya tidak menyukai teori Guru, tetapi, kemampuan saya tidak mencukupi.”

Konfusius berkata padanya, “Bila kemampuan seseorang tidak mencukupi, ia dapat berhenti pada pertengahan jalan, tetapi yang engkau lakukan sekarang ini adalah sedang menggambar sebuah lingkaran di tanah untuk memenjarakan diri sendiri, bahkan sama sekali belum memulai.”

Liang Qiuju, seorang menteri Qi pada zaman Raja Jinggong (547-490 SM), suatu ketika berkata kepada Yan Zi, seorang pemikir politikus terkenal yang menasehati tiga kekaisaran di Negeri Qi. Suatu ketika ia berkata pada Yan Zi, “Bahkan sampai mati pun saya tidak akan mampu mengejar Anda.”

Yan Zi berkata, “Saya dengar bahwa jika seseorang berusaha dengan giat, acapkali ia akan berhasil, orang yang berusaha untuk maju terus tanpa merasakan lelah acapkali akhirnya akan sampai pada tujuannya. Sebenarnya tidak ada perbedaan antara orang lain dan diri saya. Saya hanya mencoba melakukan banyak hal tanpa menyerah. Mengapa Anda tidak dapat mengejar saya?”

Dua cerita ini mengisahkan pada kita, apapun yang Anda lakukan, jika Anda melakukan sebaik-baiknya dengan ketekunan dan terus menuju tujuan Anda, maka seberapa besar pengorbanan yang Anda keluarkan, Anda akan mendapatkan hasil sebesar itu pula.

Jika Anda menggambar sebuah lingkaran di atas tanah dan memenjarakan, membatasi diri, maka Anda tidak akan mendapatkan apapun.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed