oleh

Istighosah Kubro Bamusi: Menjalankan Syariat Islam Sesuai Prinsip Bernegara

Satu Islam, Jakarta – Baitul Muslimin Indonesia (Bamusi) menggelar Istighosah Kubro di Masjid Raya KH Hasyim Asy’ari atau Masjid Raya Jakarta, Jalan Daan Mogot, Jakarta Barat Sabtu, 15 April 2017.

Ketua Umum (Ketum) Bamusi Hamkah Haq, mengatakan istigasah digelar untuk menunjukan pelaksaan syariat Islam di Indonesia. Yaitu, syariat Islam yang  tidak melanggar prinsip berbangsa dan bernegara. Oleh karena itu  harus sesuai dengan Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI.

“Ini bertujuan untuk menunjukan pelaksanaan syariat Islam, tidak mesti melanggar rambu-rambu kehidupan bernegara. Pelaksanaan syariat Islam harus kita laksanakan dengan menyapa negara, mentaati Pancasila UUD 1945,” ucap Hamka Haq.

Karena bernegara pada prinsipnya merupakan pelaksanaan kontrak sosial, maka harus sesuai dengan warna Indonesia. Syariat Islam yang sesuai dengan prinsip tersebut adalah yang mampu menciptakan Rahmatan Lil Alamin.

Salah satu tanda Islam yang rahmatan lil alamin adalah menebar kasih sayang juga perdamaian. “Kalau ada orang menegasikan orang yang berlainan suku dan agama, atau etnis, sebenarnya dia bukan Islam rahmatan lil alamin. Sebab Islam itu rahmat bagi semesta,” ucapnya.

Menurutnya, menjalankan Islam sejalan kepatuhan kepada negara. Ia pun mencontohkan bagaimana menjalankan syariat islam sesuai prinsip bernegara, yakni ketika memilih calon pemimpin.

“Maknanya kita harus memilih pemimpin yang jujur, memikul amanah. Yang menyapa dan rela disapa warganya,” jelas Hamka Haq.

Wasekjen PDIP Achmad Basarah, yang turut hadir dalam acara itu menegaskan, dengan Istigasah, untuk menegaskan Indonesia bangsa religius yang tetap mengedepankan prinsip bernegara.

Menurut dia, agama ditempatkan dalam tempat yang paling mulia. Bukan dijadikan alat dan komoditi untuk meraih kekuasaan.

“Bagi kita, agama ditempatkan dalam tempat yang paling mulia. Bukan untuk kita jadikan kendaraan meraih kekuasaan dan penguasa,” pungkas Basarah, yang juga Sekretaris Bamusi.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed