Home / Internasional / Israel makin Mesra dengan Negara-Negara Teluk

Israel makin Mesra dengan Negara-Negara Teluk

See the source imageWashington – The Times of Israel melaporkan, demi hubungan yang lebih dekat antara Yerusalem dan tetangga Arabnya, duta besar untuk AS dari Uni Emirat Arab berbagi meja dengan duta besar Israel di sebuah acara publik pro-Israel di Washington, DC, pada Rabu malam.

Utusan Israel Ron Dermer ditemukan oleh seorang reporter untuk harian Haaretz yang duduk bersama Duta Besar Emirat Arab Yousef al-Otaiba. Mereka menghadiri acara makan malam di Institut Yahudi pro-Israel untuk keamanan Nasional Amerika (JINSA), di mana Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo menjadi pembicara tamu.

Israel dan UEA tidak memiliki hubungan diplomatik resmi, tetapi diplomasi makan malam ini menguak salah satu rahasia terburuk di dunia Arab, hubungan antara Israel dan beberapa tetangga Arabnya yang semakin terbuka ke permukaan menjadi penyebab meruncingnya hubungan negara-negara Arab dengan Iran.

Fakta bahwa para utusan duduk bersama secara terbuka di sebuah acara yang diliput oleh puluhan wartawan, menunjukkan bahwa kedua negara semakin siap untuk mengakui hubungan yang tumbuh di antara mereka.

Ini bukan pertama kalinya Dubes UEA Otaiba secara terbuka berinteraksi dengan seorang pejabat Israel. Pada bulan Mei, duta besar Emirat makan di Washington dengan duta besar Bahrain, Sheikh Abdullah bin Rashed bin Abdullah Al Khalifa, Brian Hook kepala perencanaan kebijakan Departemen Luar Negeri, secara kebetulan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dan istrinya  berada di restoran yang sama pada saat itu dan mengobrol dengan para duta besar. Netanyahu berjabat tangan dengan dua duta besar sebelum meninggalkan restoran. Dan Shapiro, mantan duta besar AS untuk Israel, mengatakan tentang pertemuan Netanyahu pada waktu itu “penting dalam memulai proses mempersiapkan publik Arab untuk berbagi pandangan kepemimpinan Arab bahwa Israel adalah mitra strategis.”

Netanyahu, dalam pidatonya kepada Majelis Umum PBB pada bulan September, memuji keintiman dan persahabatan yang belum pernah terlihat dengan negara-negara Arab. “Israel sangat menghargai persahabatan baru ini, dan saya berharap hari itu akan segera tiba ketika Israel akan memperpanjang perdamaian formal, di luar Mesir dan Yordania, ke negara-negara Arab lainnya, termasuk Palestina”

Seperti negara-negara Arab lainnya, UEA tidak secara resmi mengakui Israel dan tidak mempertahankan hubungan diplomatik resmi dengan negara Yahudi. Namun, selama beberapa tahun terakhir, bukti memperkuat hubungan dan normalisasi hubungan antara kedua negara telah terjadi.

Pada bulan September, muncul bahwa negara Teluk telah setuju untuk mengizinkan lagu kebangsaan Israel untuk dimainkan dan bendera Israel akan diterbangkan dalam turnamen judo mendatang di sheikhdom pada 25 Oktober sampai 27. Uni Emirat Arab juga mengundang Menteri Kebudayaan dan Olahraga Israel , Miri Regev, untuk acara tersebut meskipun fakta bahwa pemegang paspor Israel biasanya tidak diizinkan untuk bepergian ke emirat tersebut.

Pada bulan Juli, sebuah delegasi dari UAE dilaporkan mengunjungi Israel untuk mempelajari lebih lanjut tentang operasi pesawat tempur F-35. Pada bulan April, tim Israel berkompetisi dalam perlombaan off-road di UEA.

Pada November 2015, Israel  membentuk  misi diplomatik di Abu Dhabi, ibukota UAE, sebagai bagian dari Badan Energi Terbarukan Internasional (IRENA).

Sebagian besar negara Arab termasuk Arab Saudi dan Uni Emirat Arab, berbagi pandangan bahwa Iran menghadirkan ancaman terbesar bagi kawasan itu dan bahwa Israel, dengan militernya yang kuat, ekonomi yang berkembang dan sektor teknologi yang makmur, telah menjadi mitra regional yang menarik.

Check Also

Bangsawan Saudi ‘Menghilang’ setelah Bertanya tentang Khashoggi

Setidaknya lima bangsawan Saudi dilaporkan hilang setelah mereka berusaha menyuarakan ketidakpuasan dengan hilangnya jurnalis Jamal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.