oleh

Iran Puji Kemenangan Hizbullah di Perbatasan Lebanon-Suriah

HIZBULLAH12
ilustrasi

Satu Islam, Teheran – Seorang pejabat senior Iran pada Senin 18 Mei 2015 mengatakan bahwa Teheran bangga dengan sekutu utamanya, Hizbullah, karena kemajuan yang telah mereka capai dalam menghadapi pemberontak di kawasan Suriah perbatasan Lebanon.

Ali Akbar Velayati, penasihat urusan luar negeri untuk pemimpin tertinggi Ayatollah Ali Khamenei, dalam perjalanannya ke Beirut memuji “kemenangan” dari gerakan Syiah Hizbullah.

“Kami dipenuhi kebanggaan dan penghargaan ketika kami melihat dalam beberapa hari terakhir ini, perlawanan (Hizbullah) Lebanon yang gagah berani telah mencapai kemajuan besar dan kemenangan luar biasa bersama tentara Suriah yang berani,” ujarnya setelah rapat dengan ketua parlemen Lebanon.

“Kami yakin ini akan memperkuat poros perlawanan, bukan hanya di Suriah dan Lebanon, tapi juga di seluruh kawasan tersebut,” tambahnya.

“Kami berharap, dengan izin Tuhan, untuk sampai pada hari ketika kekuatan regional akan berhenti mendukung dan menyembunyikan kejahatan serta kekuatan yang tidak adil ini, apakah itu di Suriah atau pun Lebanon, dan untuk berhenti menyediakan tempat bagi mereka – sehingga kita bisa mengembalikan keharmonisan, keamanan dan kestabilan ke seluruh wilayah Suriah dan Lebanon.”

Hizbullah, yang mendapat dukungan kuat dari Iran, telah berjuang untuk mengamankan wilayah Qalamun di perbatasan Suriah-Lebanon.

Wilayah ini sebagian besar telah direbut kembali oleh pasukan rezim Suriah tahun lalu, tetapi beberapa pemberontak dan militan masih berada di daerah pegunungan tersebut di sepanjang perbatasan dan telah meluncurkan serangan ke Lebanon.

Iran dan Hizbullah adalah sekutu kuat Presiden Suriah Bashar al-Assad dan telah mendukung rezimnya sepanjang pemberontakan yang dimulai pada Maret 2011 lalu.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed