oleh

Iran Prihatin Vonis Mati Mursi

muhammed-mursi
Presiden Mesir Mohammed Morsi saat menjalani persidangan di Kairo, Mesir, 8 Mei 2014. Pengadilan Kairo menjatuhkan hukuman pidana 20 tahun penjara terhadap bekas Presiden Mesir Mohamed Mursi. – Foto; AP

Satu Islam, Teheran – Iran menyatakan keprihatinan mendalam dan menyesali hukuman mati yang dijatuhkan di Mesir terhadap Presiden Mohamed Mursi dan seratus lebih pendukungnya.

Pada Selasa 19 Mei 2015, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Iran Marziyeh Afkham memperingatkan bahwa putusan pengadilan tersebut hanya akan memprovokasi metode pengambilalihan kekuatan lewat kekerasan dan eliminasi.

Dia juga mengatakan vonis tersebut merusak reputasi Mesir. “Kami percaya bahwa masalah-masalah dan perbedaan tertentu bisa diselesaikan melalui perundingan nasional dan konsensus politik antara aliran politik dan sosial yang berdasarkan tujuan mulia revolusi rakyat Mesir,” kata Afkham.

Pengadilan Mesir pada Minggu 17 Mei 2015 menjatuhkan hukuman mati untuk Mursi dan 106 pendukung Ikhwanul Muslimin sehubungan aksi pelarian massal dari penjara pada 2011. Keputusan akhir akan diumumkan pada 2 Juni mendatang.

PBB dan Amerika Serikat juga menyatakan keprihatinan mendalam atas hukuman mati tersebut. Sementara Turki memperingatkan munculnya gejolak di Timur Tengah jika hukuman dilaksanakan.

Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon mengatakan akan memantau proses banding untuk hukuman mati tersebut.(Islam Times)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed