oleh

Iran Akui Beri Bantuan pada Milisi Houthi

Garda Revolusi Iran (IRGC) mengakui bahwa mereka telah memberikan bantuan kepada Houthi. IRGC menyebut bantuan yang mereka berikan kepada Houthi adalah bantuan teknis.

“Kami memberikan nasihat dan bantuan intelektual kepada Houthi dan IRGC bertanggung jawab atas ini. Iran akan mendukung rakyat Yaman sampai akhir,” kata Kepala Staff Angkatan Bersenjata Iran, Mayjen Mohammad Bagheri, seperti dilansir Al Arabiya pada Rabu (2/10/2019).

Sementara Bagheri mengaku memberikan bantuan kepada Houthi, dia mengatakan bahwa Teheran ingin memberikan dukungan lebih lanjut tetapi tidak dapat melakukannya, karena adanya blokade terhadap Yaman.

Bagheri menyatakan situasi di Yaman sangat berbeda dengan Suriah dan Irak, di mana IRGC memberikan lebih banyak bantuan disana.

“Yaman berada di bawah blokade lengkap, dan semua jalurnya diblokir, dan bahkan obat-obatan tidak dapat dikirim ke sana. Bagaimana seseorang dapat mengirim rudal panjang beberapa meter ke Yaman ketika tidak mungkin mengirim obat ke sana?” tanya Bagheri.

Wakil Komandan IRGC, Ali Fadavi telah membuat pernyataan serupa pada bulan Mei lalu. Di mana dia mengatakan bahwa Iran membantu Houthi sebanyak mungkin, tetapi tidak sebanyak yang diinginkannya, karena adanya blokade terhadap Yaman. [SINDO]

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed