Home / Internasional / Ternyata Nenek Moyang Bangsa Eropa Kanibal

Ternyata Nenek Moyang Bangsa Eropa Kanibal

20150417181759-1-mangkuk-dari-tengkorak-manusia-001-bramy-biantoro
Mangkuk dari tengkorak manusia

Satu Islam, London – Manusia gua yang menjadi nenek moyang bangsa Eropa ternyata cukup mengerikan. Bukan hanya tumbuhan atau hewan, penelitian terbaru menunjukkan bila manusia gua juga pemakan sesama alias kanibal.

Arkeolog asal Natural History Museum dan Universitas London telah menemukan bukti jika manusia gua Eropa yang hidup 14.700 tahun silam adalah kanibal. Mereka menemukan bekas-bekas luka aneh pada beberapa tulang yang digali dari gua Gough di daerah Somerset, Inggris selatan.

Dari tulang yang digali tahun 1880-1992 itu, ditemukan beberapa pecahan tengkorak manusia yang terlihat sengaja dibentuk menjadi mangkuk. Di tengkorak-tengkorak yang sudah terbelah itu juga terlihat bekas sayatan seakan-akan kulitnya itu dikuliti terlebih dahulu sebelum diubah menjadi mangkuk.

“Kami menemukan tanda sayatan di seluruh kepala dan wajah. Kami menduga bila manusia gua sengaja membuang semua sisa kulit di tengkorak. Terlihat pula tanda pemotongan bibir, pencabutan mata, hingga pengangkatan pipi,” ujar Dr. Silvia Bello dari Natural History Museum, Daily Mail 17 April 2015.

Yang cukup mengerikan, bukti kanibalisme manusia gua juga ditemukan di situs penggalian di Eropa tengah dan barat. Oleh sebab itu, arkeolog percaya bila kanibalisme adalah hal yang wajar bagi manusia yang hidup di zaman es terakhir, lebih dari 14.000 tahun lalu.

Bahkan, kanibalisme diklaim sebagai salah satu bentuk ritual penguburan manusia gua yang kerap disebut Magdalenian. Nenek moyang orang Eropa ini diketahui adalah manusia purba pindahan dari benua Afrika yang masuk melalui daerah Eropa selatan seperti Spanyol.

Mereka diketahui mempunyai bentuk fisik yang mirip dengan manusia modern, tetapi lebih kuat. Cukup beralasan, sebab kegiatan utama mereka memang berburu, termasuk memakan sesamanya.

About Abu Nisrina

Check Also

Pria California Dipenjara 16 Tahun Karena Bunuh 21 Kucing

Satu Islam, California – Seorang pria berusia 26 tahun di California dijatuhi hukuman 16 tahun …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *